Apa yang Dibutuhkan Wanita? Nggak Banyak Kok, yang Penting Ada Kamu

Capek ya, seharian banyak kerjaannya? Mau dibuatin teh anget?

Ahh… mata saya langsung berbinar cerah. Sepertinya sama kayak pas dilamar dulu … buru-buru kepala saya ngangguk-angguk macem ondel-ondel Betawi. Iyes banget dong ya, mak emak ditreatment kayak gini? Semacam apa yang dibutuhkan wanita terjawab sudah! 

Hohoho.. dijamin dah, langsung idung para emak mlembung kayak permen karet.

Tapi….. oh tapi. Berapa banyak sih yang suaminya bereaksi kayak gitu? Jujur yaaa….


Apa yang dibutuhkan wanita


Banyak orang bilang, sentuh wanita tepat di hatinya. Dia kan jadi milikmu selamanya. Dan menurut saya itu bener banget. Kenapa? Karena wanita tuh makhluk emosional. Eits, tenang dolooo. Emosional means mudah tersentuh ya.. bukan mudah marah. Jadi, koentji oetama untuk “menjatuhkan” wanita itu ada di hatinya. 

Never hurts woman, itu prinsip penting. Sebab sekalinya wanita tersakiti, susah baginya untuk melupakan. Eciyee….

Well, balik lagi ke kalimat pembuka tulisan ini yuk. Saya juga nggak setiap setiap kali dapet perlakuan manis kek gini, Moms. Bahkan kalau mau jujur, kayaknya selama merit ama paksu, nggak lebih dari selusin doi bikinin saya minuman atau treatment semacam ini loh. Lebih banyak saya yang bikinin dia minum, nyiapin makan, dan lain-lain. Ya gimana lagi, udah insting gitu loh mak emak tuh suka riweuh aja terus ngurusin orang… sendirinya suka nggak perhatiin diri sendiri. Ntar kalau udah mood swingnya dateng, trus gampang konslet, trus mudah mewek, trus tegangan tinggi trus… huaaaa.. meledak deh bom waktunya.

Bener apa bener, Bukkk?

Perempuan emang diciptain lebih sensitif perasaannya. That’s why kita selalu bilang, “Perasaan aku mah…” ketimbang para lelaki yang lebih sering bilang, ”Aku pikir….”

Makanya, nggak heran kalau perempuan tuh baperan. Palagi kalau pas PMS, pas hamil, pas begadang nyusuin, pas anak rewel pas… haduuuh.. perasaan banyak banget deh momen yang bikin kita gampang baper. Yekan?

Kalau saya, biasanya tuh gampang baper dan bete kalau lagi capek. Ya capek ngurusin orang itu tadi. Sementara kebutuhan diri sendiri seringkali nggak terpenuhi dengan baik. Sok geura, perhatiin yak. Berapa kali dalam sebulan, kita bisa me time yang bener-bener sendirian? 

Ah, nggak usah sebulan deh. Setaunnn aja gitu. Lebih dari selusin, yang artinya sebulan sekali gitu? Ihihihi nggak usah dijawab deh.. dari baunya saya udah bisa nebak kok. LOL.

Saya tahu, apa yang dibutuhkan wanita tuh nggak selalu me time yang mewah macem bini sultan. Kalau buat saya sih setengah jaaaaam aja tanpa diganggu anak-anak, ngelakuin apapun yang saya mau (even itu di rumah aja), udah bikin saya hepi berat. Apalagi setelah seharian yang melelahkan, ngerjain domestic job yang nggak ada abisnya itu. Sapaan semacam, “Aku pijetin yah” atau “Aku buatin kopi panas ya,” will make my whole day!

Mak emak full timer macam saya ini emang selalu rempong, hectic, sibuk, riweuh, dan heboh. Dan suka auto sedih aja gitu, saat nggak ada yang nanyain apakah saya baik-baik saya hari ini? Apakah ada hal yang bikin kepala pening? Kapan mau ambil cuti? Atau … kira-kira bonus akhir tahun nanti berapa ya?

Kenapa? Karena profesi jadi mak emak itu PRICELESS (terjemahan ngawur: nggak ada harganya), meski jobdesnya warbyazaaak.

Modalnya hanya perlu niat, keikhlasan, sukacita, dan iman percaya, bahwa apa yang kita lakukan adalah ladang pahala, tempat kita mengabdikan diri secara penuh pada keluarga. Meski nggak bisa dipungkiri perhatian kecil dari orang lain akan membuat segalanya jauh lebih menyenangkan. I bet u! 

Buat kalian yang baca tulisan ini, dan kebetulan lagi berada dalam posisi di mana kalian ngerasa so get into you, kalian nggak sendirian! Saya juga lagi capek. Makanya saya pilih curhat di sini.

Perempuan itu emang diciptain untuk jadi penolong. Tapi bukan berarti penolong itu nggak butuh ditolong kan? 

Kita bukan wonder woman apalagi cat woman yang suka mengeong. Kita cuma mak emak yang kadang butuh privasi untuk ngedrakor, ngerendem kaki pake aer anget, nyalon, atau sekedar karaokean pake aplikasi hengpong. And yes, saya ngelakuin juga hal-hal itu kok biar tetep waras. Dan sesekali nerima secangkir teh anget, atau kopi panas, atau sepiring nasi anget plus telor ceplok dari mantan pacar atau genk bocil akan jadi mood booster yang asoy.

Eh bentar bentar.. dari tadi saya kok nulis pengen dibuatin kopi ya? Hahahaha… mentang-mentang saya nulis tengah malem ni, jadi butuh doping kopi deh. Ahh ya syudahlah...

Intinya: yes, saya lagi capek. Butuh ngacapruk, butuh jeda, butuh nyalon. #eh… hahahaha… soalnya mau bilang butuh plesiran kan udah kemarin melipir ke Bandungan ama Solo.

Dan yaaa sampai sekian dulu tjurhat gejenya. Udah abis stok ngomelnya kok. Bentaran lagi saya akan kembali jadi ibu peri yang baik hati. Soalnya saya tahu mau gimana gimana, seorang istri itu emang takdirnya harus jadi penolong. 

Seperti pemazmur bilang dalam Amsal 31, “Seorang istri yang cakap lebih berharga dari pada permata. Ia serupa kapal-kapal saudagar, dari jauh ia mendatangkan makanannya. Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya… Ia mengikat pinggangnya dengan kekuatan, ia menguatkan lengannya. Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan.”

So, nggak pa-pa kali ini saya berhenti sebentar untuk menghimpun kekuatan. Esok, saya akan kembali tersenyum dan menyapa dunia dengan semangat. 



Nite nite, Mak sayang! 
smart mom happy mom



Posting Komentar

10 Komentar

  1. Setuju banget, kak. Me time itu momen paling kutunggu kalau udah lelahnya maksimal. Lelah fisik dan raga. Kadang, saat me time itu pula aku bisa nangis sepuasnya. Sampai lega rasanya. Huhu, emang ya jadi ibu tuh harus ekstra perjuangannya. Pekerjaan yang enggak ada cutinya, yang ada me time bukan cuti. Semangatt buat ibu ibu kece di dunia ini - Ipeh

    BalasHapus
  2. Iya sih bener. Emakku tu gampang banget tersentuh. Dia diperhatikan anaknya aja udah seneng. Berasa apa yang diminta anak bakal langsung dituruti saat itu juga. Hehehe

    BalasHapus
  3. ibu itu aura dalam keluarga menurut saya. Kalau ibu bete, marah-marah, sedih, mendunglah sekeluarga itu. Tapi kalo ibu lagi hepi, seisi rumah pasti kecipratan hepi ya kan..Tapi bener sih, dukungan dan perhatian kecil dari suami n anak bisa menaikkan mood ibu supaya tetap semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba Novi, secapek apapun kalau anak-anak ama suami mendukung apalagi kasih kecupan dan pelukan, auto release yaa..

      Hapus
  4. Me time wajib banget buat para emak, apalagi sekarang tugas emak bertambah. Kalau ga me time, Bisa-bisa satu rumah kena semprot. Ikutan curhat deh, hahaha

    BalasHapus
  5. Hehe aku juga cukup diberi privasi ngedrakor sebelum muncul auman menggelegar kayak trex .
    Bener banget bawaan wanita kayak pengen ngurus ini itu, padahal kadang jadi capek sendiri. Me time bagi mak mak perlu juga ya mbak ternyataa
    Biar bisa menghimpun semangat dan ciaat ciaat lagi :)

    BalasHapus
  6. Semangat kita para emak yang job desknya warbiyasak..Memang perempuan mesti disentuh di hatinya, sayang para lelaki kurang peka huhuhuhu

    Tapi meski ga sampai lebih 12 kali selama nikah suami well treatment kek harapan kita , kebaikan Beliau yang lain masih buanyaak kan ya Mbak Bety

    (ini sebenarnya komen menghibur diri karena kita podo wae hehehe)

    BalasHapus
  7. Selama pandemi ini kalo pas lagi baper antara lain muter-muter pake mobil tapi gak turun ke tempat keramaian biasanya take away makanan aja, atau drakoran sambil ngemil hahaa.. nunggu mood stabil terus balik lagi ke urusan dalam negeri

    BalasHapus
  8. Ecieeee yang abis dibuatin teh anget, sini dooong bagi-bagi pan aku juga mau diperhatiin, hahaay. Iyess gak bisa gak setuju lah sama Simbok tersayang, kita sebagai perempuan memang penolong yang tetap juga membutuhkan pertolongan. Intinya mah saling atuhlah ya. Semangat menghimpun kekuatan, biar esok senyum Simbok menyinari dunia, dunia per-fb-an juga yaah, sebab senyummu nulaaar ke aku juga, eaaaa

    BalasHapus

Hi there!

Thank you for stopping by and read my stories.
Please share your thoughts and let's stay connected!