Thursday, June 18, 2020


Selain penting untuk menstimulasi kecerdasan anak, bermain dipercaya juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk memicu rasa bahagia pada anak. Bagian ini sih saya percaya banget, soalnya dunia anak kan emang dunia bermain. Apaaa aja bisa jadi mainan yang mengasyikkan. Bahkan, barang-barang sepele yang buat orang gede nggak guna, bagi mereka bisa jadi harta karun. Lalu apa sih manfaat bermain bagi anak? Banyak Moms, apalagi kalau dilakukan bersama orang tua tercinta.

Nah, mumpung sekarang kita lagi banyak waktu di rumah, kenapa enggak dimanfaatin buat bangun bonding sama anak? Yaa…. meski pastinya bakalan agak rempong ya ngajakin anak bermain, meanwhile masih harus work from home. Tapi, percaya deh kalau kita mau meluangkan waktu spesial untuk bermain bersama mereka, pasti hasilnya nggak akan mengecewakan. 

manfaat bermain bagi anak


Buat Moms and Dads yang kebetulan masih harus WFH atau memang full time parents, masa pandemi yang nggak ngenakin ini bisa jadi salah satu waktu terbaik bagi kita menginvestasikan waktu berharga berasama buah hati.

Nggak bisa dipungkiri, momen kebersamaan bareng keluarga tuh adalah salah satu hal terpenting bagi setiap orang. Dengan meluangkan waktu untuk bermain bersama mereka, tanpa sadar tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin yang memicu rasa bahagia. So, jangan galau berlama-lama gegara harus #dirumahaja ya…

Saya pribadi sudah hampir tiga bulan ini full di rumah sama anak-anak. Kami sangat membatasi acara keluar rumah, kecuali untuk si papih yang emang masih harus gawe alias ngantor. Paling banter, kami hanya bawa anak-anak berkeliling kota, itupun lengkap dengan masker meskipun at the end nggak turun mobil juga hehehe. Saya masih merasa insecure untuk membiarkan mereka berinteraksi dengan dunia luar. Makanya, waktu-waktu yang kami habiskan berbulan-bulan di rumah itu menjadi waktu paling penting. Saya belajar untuk mengerti mereka lebih baik lagi, pun berusaha mendampingi mereka belajar dan bermain.

Manfaat bermain bagi anak

Well, dikutip dari parentingforbrain.com, bermain bersama anak memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi mereka. Di antaranya adalah:

1. Menstimulasi Pertumbuhan dan Perkembangan Otak

Bagian pertama ini so pasti nggak diragukan lagi. Bahkan seorang psikolog anak, Edward Fisher, menyebutkan bahwa anak-anak yang gemar dan aktif bermain menunjukkan kecenderungan penurunan masalah emosional dan sosial dengan lingkungannya. Selain itu, kegiatan bermain yang kadang terlihat sepele, tetap saja memberikan banyak manfaat untuk melatih otak. Misalnya saja bermain air, nih. Anak-anak nggak hanya main basah-basahan aja Moms. Mereka bisa belajar tentang wujud benda cair, tekanan air, pergerakan air, dan belajar tentang konsep basah dan kering. Belum lagi kalau kita ngajakin mereka untuk menyiram tanaman di kebun, loh. Mereka bisa diajari bahwa air adalah zat yang dibutuhkan tanaman agar bisa tumbuh besar dan kuat.


2. Meningkatkan Kecerdasan, Kemampuan Pemahaman, dan Daya Ingat Anak

Aktivitas bermain juga bisa menjadi media stimulus agar otak anak berkembang dengan baik, meningkatkan kapasitas otak serta kemampuan belajar mereka. Pada balita, aktivitas bermain juga dipercaya mampu meningkatkan IQ dan kemampuan kognitif mereka.


3. Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi

Setiap orang harus belajar dan memiliki kemampuan untuk mengelola emosi, tak terkecuali anak-anak. Jangan pernah berpikir untuk membiarkan anak-anak melampiaskan kemarahannya setiap waktu ya Moms. Hal ini nggak hanya berbahaya bagi mereka, tapi juga bagi lingkungan sekitarnya. Karena itu, kita bisa melatihnya utuk mengelola emosi sedari kecil. Hal ini tentu saja harus dilakukan dalam kerangka pemikiran dan fase perkembangan mereka ya.

Nah, aktivitas bermain bersama anak ini bisa banget dipakai untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada anak. Misalnya saja, saat bermain ular tangga, anak belajar bersabar menunggu giliran. Atau bermain lego, mereka juga belajar untuk telaten dan teliti.

Kemampuan mengelola emosi ini sangat penting saat mereka mulai berinteraksi dengan dunia luar, seperti waktu mereka bersekolah, berada di tempat umum dan lain sebagainya.

4. Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif

As we all know, kemampuan berpikir kreatif akan muncul saat otak diberikan kesempatan dan rangsangan untuk melakukannya. Bagi anak, aktivitas bermain bisa jadi media yang sangat cocok untuk hal ini. Banyak penelitian, nggak usah disebutin atu-atu yak hahaha, yang menyebutkan bahwa ada korelasi sangat jelas antara bermain dengan meningkatnya kemampuan anak untuk berpikir kreatif. Apalagi kalau kita mendukungnya dengan beragam permainan edukatif seperti lego, melukis dengan tangan, bermain plastisin, dan lain sebagainya. Nah mumpung lagi banyak waktu di rumah, kuy ajain dong mereka mainan kayak gini.

5. Mengajarkan Banyak Pelajaran Hidup

Bermain bisa menjadi sarana kita mengajarkan beragam nilai penting pada anak. Selama proses bermain, kemampuan motorik dan kognitif anak akan berkembang secara beriringan. Hal ini sangat penting untuk mempersiapkan mereka menyambut dunia luar pada saatnya nanti. Ada banyak ragam permainan yang bisa membantu anak untuk menentukan pilihan. Selain itu, bermain juga jadi sarana family bonding yang ampuh agar terbentuk hubungan yang hangat antara orang tua dan anak. Interaksi yang intens ini pada akhirnya akan menjadi pengalaman positif pada anak yang bisa membantu perkembangan psikisnya dan memastikan mereka tumbuh menjadi pribadi yang sehat jiwa dan raga.

Manfaat bermain bagi anak

Momen bermain sejatinya adalah surga bagi para penjelajah cilik, calon pemimpin dunia seperti anak-anak kita. So jangan ragu untuk menyediakan waktu bermain bersama mereka, di tengah segala kesibukan kita. Sesungguhnya waktu-waktu yang kita habiskan bersama itu akan menjadi momen yang akan kita rindukan kelak saat mereka dewasa nanti. Selama masih ada waktu, yuk kita berikan yang terbaik dari diri kita untuk mereka.

Selamat menikmati manfaat bermain bagi anak, ya Moms. Semoga kita semua diberkati dengan kesehatan, kemakmuran, umur panjang dan kemasyuran dan kebahagiaan. Amin…


Salam,

Hi there!

Thank you for stopping by and read my stories.
Please share your thoughts and let's stay connected!

Smart Mom, Happy Mom . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates