Yuk Kenali Karakter Anak Berdasarkan Golongan Darah - Part 2

Hola Mommies!

Masih ngobrolin soal golongan darah ya. Di tulisan yang lalu saya udah bagiin tentang pentingnya mengetahui golongan darah anak. Nggak saja berguna buat jaga-jaga kalau-kalau ada apa-apa ya (semoga nggak kejadian sih yang buruk), mengetahui golongan darah anak juga bisa kita jadikan salah satu patokan umum untuk mengenal kepribadian anak. Dari situ, kita bisa menentukan pola asuh dan treatment yang tepat untuk mereka.




Nah kalau kemarin udah dibahas tentang golongan darah O, kali ini kita akan ngebahas kepribadian dari anak-anak bergolongan darah A.

Udah siap? Kuy, langsung aja ya.


Anak-anak bergolongan darah A ini memiliki ciri khas yang sangat menonjol yakni disiplin, teliti, detail, menyukai kerapihan dan keteraturan. Bisa dikatakan mereka ini masuk golongan perfectionist. Mereka juga memiliki keinginan yang keras, pantang menyerah sebelum menyelesaikan tugasnya. udah gitu, anak-anak dengan golongan darah A umumnya punya pola pikir yang "saklek". Mereka biasa berpikir dalam kotak hitam dan putih. Karena itu, beberapa orang mungkin akan menganggap mereka ini orang-orang yang kaku, karena biasanya sangat patuh pada aturan. Kalau A ya A, B ya B. No compromise!

Orang-orang A juga sangat well organized. Mereka sangat senang membuat rencana dan sebisa mungkin akan mengikutinya dengan sempurna. Buat Mommies yang golongan darahnya O dan sanguinis pulak kayak saya, sifat ini bisa bertolak  belakang. Dannn... kalau nggak diantisipasi sejak awal bisa sangat menyulitkan loh.

Berdasarkan sifat-sifat di atas, orang-orang A sangat cocok bekerja di bidang yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi, misalnya bagian Q&A, analis, dan lain-lain. Pokoknya bidang kerja yang bisa dibilang "serius" gitu deh. Meskipun, hal itu bukan berarti orang A nggak bisa bercanda atau having fun loh ya.

Orang A cenderung pelit bicara, mudah tertekan dan sensitif. Sering kali mereka terlalu memikirkan opini orang lain sehingga agak sulit mengambil keputusan. Pemikirannya acap kali mudah berubah, tergantung pada orang-orang di sekitarnya.

Sisi lain dari orang A ini adalah pembawaannya yang umumnya tenang. Mereka menyukai hubungan antar manusia yang damai, so mereka ini jarang terlibat perselisihan atau pertengkaran yang enggak perlu. Tapi, ada juga loh sisi negatifnya. Meski nampaknya sangat tenang di luar, namun anak bergolongan darah A sering kali terlalu khawatir akan banyak hal. Karena itu, untuk menutupinya dia bersikap perfeksionis. Sisi positifnya, orang A umumnya sangat peduli sama orang lain, terutama pasangannya dan orang-orang terdekat lainnya.

Baca ini juga yuk : Serunya Punya Anak Lelaki

Well, sekarang Mommies udah tahu kan sifat dan kepribadian anak-anak bergolongan darah A. Sekarang kita akan bahas gimana cara yang tepat mendidik mereka. Cuss!




Bersikaplah sabar

Anak-anak bergolongan darah A ini kan sifatnya cenderung kalem, pendiam, tapi sebenernya "rapuh" di dalam. So, usahakan untuk tidak menyinggungnya dengan kata-kata atau tindakan yang bisa membuatnya merasa down. Contohnya jika anak melakukan kesalahan, jangan langsung memarahinya. Pujilah dulu sisi baiknya, lalu perlahan beritahu kekurangannya dengan baik-baik. Ingat ya, mereka ini "perfectionist" jadi perlu sikap yang bijak untuk menunjukkan kesalahannya.


Bangunlah kepercayaan dirinya

Sifatnya yang mudah terpengaruh dengan lingkungan,  berilah arahan kepadanya dengan tekun dan jelas. Anak mungkin akan membutuhkan waktu agar tidak mudah terombang-ambing. Tapi kalau Mommies telaten dan sabar membimbingnya, anak-anak A akan menemukan kepercayaan dirinya dengan baik.

Kenalkan pada komunitas yang membangun

Masih berkaitan dengan sifatnya yang mudah terpengaruh, penting banget bagi kita untuk mengenalkannya pada komunitas yang positif. Dengan begitu, anak akan tertular virus positif.

Nah, itu tadi sedikit pengenalan karakter anak-anak bergolongan darah A. Semoga membantu Mommies dalam memahami kepribadian putra-putri di rumah ya.

Penasaran nggak sih sama karakter anak-anak bergolongan darah lainnya? Next postingan saya akan bahas deh. So, kepoin terus yes blog ini 😛😛



Happy Parenting!




Yuk Kenali Karakter Anak Berdasarkan Golongan Darah - Part 2 Yuk Kenali  Karakter Anak Berdasarkan Golongan Darah - Part 2 Reviewed by Bety Kristianto on August 30, 2019 Rating: 5

19 comments:

  1. Akurat nggak sih mbak? Belom ngetes goldar Anak juga sih hehehe Aku pernah nyoba yg finger print dulu, kesininya pada bilang nggak ngaruh

    ReplyDelete
  2. Wah nunggu kelanjutan ini anak-anak ku golongan B dan AB seperti aku yang B

    ReplyDelete
  3. Baca karakter yang golongan darah A ini berasa aku banget. Tapi aku goldarnya 0, loh. Hehe

    ReplyDelete
  4. Aku dan kedua anakku golongan darah B. Nunggu ahhh, mau kepoin nanti. Hihihi

    ReplyDelete
  5. Anakku dan suami gol darah A nih. Mereka berdua pantesan cocok, kelakuan mirip. Perfeksionis kayaknya bener. Tapi engga kalem sih. Baru nyadar, dua²nya sekolahnya sama...

    ReplyDelete
  6. Aku juga menggunakan salah satu satunya golongan darah untuk mengidentifikasi apa yang mungkin muncul dari sisi karakter. Ndilalah kami bertiga dianugerahi golongan darah yang sama. B semua. Ya, ya ya, antara bersyukur karena seperti ngaca dan ya begitulah karena kami orang-orang yang dari luar nampak kreatif padahal nggak, hahaha ...

    ReplyDelete
  7. Saya belum cek golongan darah anak.
    Menarik nih
    Ditunggu kelanjutannya mbak.

    ReplyDelete
  8. Kalo ngomongin golongan darah A sih ngomongin saya sendiri. Banyak benernya ini. Pas masih nak-kanak dulu saya suka begitu :) Sekarang masih ada mirip-miripnya juga, sih.
    Sip juga jika tahu karakter anak dari goldar, lalu bisa menyusun strategi pengasuhan nya, ya. Nice info :)

    ReplyDelete
  9. informatif bangeet mba.. makasih yaa...

    ReplyDelete
  10. Kemarin dah baca ulasan yang goldar O, si adik ini soalnya..Kalau kakaknya B. Jadi aku nunggu next post deh. Makasih sharingnya Mba Bety

    ReplyDelete
  11. Plek sama sifat-sifat Kakakku. Anak pertama, A pisan, wis super perfect gak bisa becanda pula. Lengkap wis. Kebalikannya aku. O sanguin pula, wis to, wolak-walik, wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Anak-anakku goldarnya B dan O, nunggu lanjutannya ahh...

    ReplyDelete
  13. Anak-anakku goldarnya B dan O, nunggu lanjutannya ahh...

    ReplyDelete
  14. Aku belum tahu sih anak-anakku bergolongan darah apa. Kalo aku kan B. Ayahnya anak-anak juga gak tahu apa. Tapi baca ciri-ciri di atas kok yaa agak mirip dengan si sulung ya. apa mungkin dia bergolongan darah A?

    ReplyDelete
  15. Suami saya golongan darahnya A. Dan sebagian ciri-ciri yang telah dijelaskan di atas, memang ada di sifat suami hihihi

    ReplyDelete
  16. Sulungku Dani yang golongan darahnya A. Emang benaran sih, rada sensitif dan terorganisir banget kegiatannya. Jika ada yang miss, langsung gelisah tuh, dia

    ReplyDelete
  17. Mbak,sebaiknya anak-anak dites goldar usia Berapa ya? Aku belum tes si bocah dua-duanya. Jadi kayaknya penting nih buat mantapin pengarahan ke bakat bocah ya

    ReplyDelete
  18. Aq golongan darah AB, anak2 klu gk slh A dan B. Wah baca artikel mb jd tahu deh karakter anak. Ditggu klanjutannya yaa..

    ReplyDelete
  19. Saya belum cek golongan darah anak saya tapi sebagian kok ada yang cocok sama salah satu anak ya. Saya B bapaknya anak2 kalau nggak salah AB ( lupa😁) ada kemungkinan anaknya ada yang A kan ya?

    ReplyDelete

Halo, saya Bety. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar. 😊

Powered by Blogger.