Post Page Advertisement [Top]


Hai Moms… pakabar? Masih setia #dirumahaja atau mulai memasuki fase #newnormal nih? Kalau saya kebetulan masih enjoy sama aktivitas di rumah aja bareng anak-anak. Eh nggak kerasa loh ternyata udah mau 4 bulan kita nggak jalan-jalan hahaha. Kangen yaa… pastinya.

Meski kangen berat pengen plesiran lagi, untungnya anak-anak masih mau dikasih pengertian bahwa kehidupan di luar sana masih belum normal dan belum sepenuhnya aman buat mereka. Sebagai gantinya, saya harus lebih kreatif dan menyediakan banyak waktu dan tenaga untuk menemani mereka, terutama Kevin yang emang lagi aktif-aktifnya.

Manfaat menjiplak gambar


Nah, sebagai pengisi waktu sehari-hari selama ngendon di rumah bae, saya selalu usahakan ada kegiatan yang bisa dikerjain bareng. Entah itu menggambar, mewarnai gambar, atau sekedar main ular tangga dan sometimes ngegim bareng. Saya tuh bersyukur banget karena kemarin dari sekolahnya, Kevin dapet banyak banget buku kegiatan yang bisa kita pakai. Jadi saya nggak perlu repot nyari-nyari sesuatu gicuu.. tinggal cuss buka buku dan ada banyak banget aktivitas yang seru.

Salah satu aktivitas yang biasa dikerjakan Kevin baik selama bersekolah ataupun belajar di rumah adalah menjiplak. Eits, ini bukan menjiplak alias mencontek jawaban temen pas ulangan ya hihihih. Menjiplak di sini artinya membuat gambar. Medianya macem-macem, begitu juga benda atau barang yang dijiplaknya. Mulai dari menjiplak gambar dengan kertas, hingga menjiplak tangan sendiri. Meskipun terlihat biasa aja, ternyata kegiatan ini asik juga loh. Apalagi kalau dilakukan waktu anak dalam kondisi fresh, misalnya pas abis mandi gitu.

Sebelum mengupas lebih jauh soal menjiplak ini ada baiknya kita tahu dulu yuk apa sih definisi Menjiplak versi kamus besar bahasa Indonesia berikut ini: “menggambar atau menulis garis-garis gambaran atau tulisan yang telah tersedia (dengan menempelkan kertas kosong pada gambar atau tulisan yang akan ditiru)”

Kegiatan sederhana ini nyatanya punya banyak manfaat loh buat anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, baik secara fisik ataupun mental. Tahu dong kalau anak kicik macam Kevin itu lagi dalam masa perkembangan yang luar biasa. Satu demi satu kemampuannya akan berkembang dan menuju pada fase sempurna nanti. Dann…. aktivitas menjiplak ini bisa membantu mereka untuk mengembangkan kemampuan motorik halus. Di mana kemampuan ini akan menjadi salah satu skill yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Lalu apa aja ya manfaat dari menjiplak?


1.Mengembangkan koordinasi mata dan tangan

Saat menjiplak, otak anak akan berkonsentrasi pada gambar yang ada dan sekaligus memerintahkan tangan untuk melakukan gerakan meniru dengan tepat. Selain itu, mereka juga mengembangkan kemampuan memegangnya dengan baik saat harus memegang pensilnya.

2.Mengembangkan otak kiri

Saat menggambar bebas (baca: corat-coret), anak akan mengembangkan kemampuan otak kanannya, sementara saat harus menjiplak, mereka akan lebih melatih otak kiri. Kenapa? Karena kegiatan ini melibatkan kemampuan otak untuk mereproduksi gambar dalam kertas. Hal in melibatkan pemikiran atas ketepatan jarak sekaligus bentuk. So, buat Mommies yang anaknya punya kecenderungan otak kanan, menjiplak bisa jadi salah satu cara untuk menyeimbangkannya dengan otak kiri tanpa harus membuat mereka tersiksa karena aktivitas ini beneran seru.

3.Membiasakan akan dengan kertas dan pensil

Buat sebagian anak, aktivitas menggunakan kertas dan pensil tuh sama sekali nggak menarik loh. That’s why ada anak-anak yang lebih suka berlarian kesana kemari daripda duduk anteng dan bermain-main dengan kertas dan pensil. Nah, biar nggak bosen aktivitas menjiplak ini bisa jadi alternatif yang mearik buat mereka.

Bacaan terkait : Manfaat Finger Painting untuk Anak

Manfaat menjiplak gambar

Beberapa Ide Aktivitas Menjiplak yang Bisa Dilakukan di Rumah


1.Menjiplak huruf

Anak usia 3 tahun ke atas umumnya udah mengenal huruf ya Moms. Nah kita bisa ni ngajakin mereka menjiplak huruf lalu mewarnainya. Agar lebih fun, cobalah minta mereka menyebutkan huruf apa yang mereka inginkan.

2.Menjiplak angka

Siapa bilang angka itu mengerikan? Hihihi yang anak IPS dan Bahasa nggak usah tutup mukak. Angka itu menyenangkan loh, terutama buat anak-anak. Untuk permulaan, kita bisa pakai angka 1-9 dan meminta anak untuk menjiplaknya. Jangan lupa, perbolehkan juga mereka untuk mewarnai atau menghiasnya ya.

3.Menjiplak binatang

Binatang-binatang lucu juga bisa kita jadikan obyek pembelajaran yang menyenangkan loh. Nggak cuma ngajarin mereka menjiplak, kita juga bisa sekaligus mengenalkannya pada bermacam hewan. See, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui kan…

4.Menjiplak tangan

Kegiatan yang satu ini murah meriah dan anak pasti suka. Soalnya lucu aja sih ngelihat gambar tangan mereka sendiri di atas kertas. Apalagi kalau memakai pensil warna ya. Setelah gambar tangan selesai, kita bisa mengajaknya untuk membuat gambar lain yang lebih lengkap dengan bahan dasar jiplakan tangan yang tadi. Abaikan saja bentuk gambar yang mungkin ambyar ya. Yang penting anak hepi dan imajinasinya terpicu.

manfaat menjiplak untuk anak

Saya ama Kevin juga sempet tuh bebikinan gambar dari jiplakan tangan gini. Jangan tanya hasilnya ya hahahaha… udah pasti ambyar!! tapiiii… ngerjainnya hepiii… dan yang lebih penting, Kevin bisa terpisahkan sekejap dari gadget. Yihaaa… #mommyhappy

Oya Moms untuk tiga aktivitas menjiplak yang saya sebutin pertama itu, kita perlu beberapa alat dan bahan berikut ini ya:

* Printable media huruf dan angka

* Kertas transparan atau tipis (nggak wajib banget sih, yang penting gambar yang akan dijiplak masih keliatan)

Sedangkan untuk menjiplak tangan, otomatis kita nggak butuh printable media ya. Cukup minta anak meletakkan tangannya dalam posisi jari terbuka, lalu gerakkan pensil mengikuti bentuknya. Yup! As simple as that.

So, tunggu apa lagi? Kuy ajak anak-anak menjiplak gambar yaaa....


Salam hangat,



2 comments:

  1. Nah, iya. Menjiplak. Aku juga sedang melatih jemarinya Sha (3 tahun) dengan menjiplak. Satu lagi ide seru menjiplak nih, Mah: menjiplak kulit pohon atau dedaunan. Sekalian buat kegiatan outdoor di masa pandemi gini. Keliling kampung bawa kertas & crayon hunting pohon. Nah di tracing deh tuh kulitnya & daunnya, kayak tracing koin gitu loh, Mah.

    ReplyDelete
  2. Anakku bbrp kali diksh tugas begini Ama guru paudnya :D. Dia seneng sih. Trus gambar jiplakannya diksh warna. Kdg warnanya suka2 dia aja, tp aku bebasin utk berkreasi :D.

    Ntr aku mau cari LBH banyak lagi bahan2 utk bisa jd bahan jiplakan. Biar dia makin semangat belajarnya juga :)

    ReplyDelete

Hi there!

Thank you for stopping by and read my stories.
Please share your thoughts and let's stay connected!

Bottom Ad [Post Page]