Liburan ke Jogja? Intip Dulu Daftar Tempat Wisata untuk Anak Berikut Ini Yuk!

Selain Bali dan Raja Ampat, Jogja memang terkenal jadi destinasi wisata Indonesia yang femes banget. Nggak cuma di kalangan wisatawan domestik, turis asing pun kayaknya udah apal banget ya Moms sama kota pelajar ini. Nggak heran setiap tahun, terutama di musim liburan kayak gini, Jogja selalu penuh sama wisatawan.

Nah, mungkin ada di antara Mommies semua yang rencana berwisata ke Jogja bawa anak-anak? Nggak perlu bingung Moms. Di sini ada banyak tempat wisata yang kids friendly dan edukatif kok. So, nggak usah worried ngajakin geng krucils main ya. Mana saja ya itu? Cuss lanjutkan bacanya!


1. Taman Pintar

Gambar milik Wahyuaji

Ada banyak hal yang bisa dipelajari di Taman Pintar ini loh Moms. Mulai dari aneka wahana permainan, sains, musik, hingga menonton film 4D yang mengasyikkan. Lokasinya yang ada di pusat kota, dekat dengan Malioboro, keraton, dan alun-alun utara bikin kita punya banyak pilihan lain mau ke mana setelah dari sini.

Di sini, anak-anak nggak hanya disajikan aneka peralatan digital, namun juga dikenalkan dengan peralatan budaya yang menarik seperti gamelan. Kalau ke sini, dijamin deh mereka nggak akan mati gaya apalagi rewel. Oya, Taman Pintar ini adalah satu-satunya science center yang ada di sekitaran Jogja-Jateng loh. Makanya tempat ini nggak pernah sepi.

Lokasi tepatnya ada di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Harga tiket masuknya terbagi menjadi beberapa ya Moms. Soalnya di sini ada banyak gedung dan wahana yang bisa kita eksplor. Tapi untuk tiket utama (yakni gedung Oval dan Kotak) bisa kita beli seharga Rp 12.000 untuk anak dan Rp 20.000 untuk dewasa. Namun, kalau ingin menikmati wahana-wahana lainnya, kita harus membeli tiket lagi.


2. Gembira Loka Zoo

Gambar milik tribunnews.com

Seperti Taman Pintar, kebun binatang ini juga menjadi satu-satunya yang ada di seputaran Jogja Jateng. Makanya kalau mau ke sini, pastikan untuk datang pagi-pagi ya. Biar enggak keburu desek-desekan ama pengunjung lainnya. Pengalaman saya dua tahun lalu ke sini, jam 9 pagi tuh udah kayak pasar.

Tiket masuk ke Gembira Loka untuk weekend dan selama liburan adalah Rp 35.000 dan berlaku untuk anak mulai usia 3 tahun. Di dalamnya kita nggak cuma melihat binatang, tapi ada banyak wahana asik yang pastinya bikin anak-anak hepi. Misalnya memberi makan hewan, naik perahu, motorboat, perahu kayuh, maik getek, terapi ikan, hingga permainan ATV dan lain-lain.

Oya karena di sini areanya luas banget, saran saya sih jangan lupa bawa bekal makan dan minum yang banyak. Meski di dalam ada banyak tukang jualan, tapi harganya mayan banget loh ketimbang bawa makan sendiri. Palagi kalau bawa anak, ntar yang ada dikit-dikit laper deh. Selain itu, bawa alat pelindung diri seperti topi, kacamata dan payung juga sangat membantu. Mau ngabohtram alias makan bareng di outdoor juga bisa loh.

Untuk lokasi, kebun binatang ini ada di Jl. Kebun Raya no 2 Yogyakarta atau di bilangan Gedong Kuning. Jam buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00.



3. Kids Fun

Gambar milik IG @Kids_Fun_Yogyakarta

Tempat wisata yang satu ini memiliki banyak wahana permainan yang nggak kalah menarik dibanding tempat lain. Ada lebih dari 20 wahana yang bisa dipakai. Di antaranya komidi putar, bombom car, jet coaster hingga menikmati pertunjukan opera.

Untuk harga tiket masuknya emang relatif lebih mahal ketimbang dua destinasi sebelumnya. Di sini kita harus merogoh kocek Rp 105.000 untuk masuk di saat weekend dan national holiday. Oya, sekarang lagi ada promo menarik sih. Cobain aja, kali-kali beruntung dapet harga miring ya. Untuk lebih jelasnya cuss aja kepoin website resminya.


4. Sindu Kusuma Edupark

Gambar milik dakatour.com

Mirip seperti Kids Fun, wahana permainan yang ada di Sindu Kusuma Edupark ini juga lengkap. Sebut saja roda raksasa (giant wheel). Dari atas roda ini kita bisa melihat kota Jogja dari ketinggian. Selain itu juga ada kereta mini, dino park, bombom car, trampolin dan lain-lain.

Tiket masuknya dibanderol Rp 15.000, belum termasuk naik wahananya ya.
Kalau Mommies mau ke sini, cuss aja dateng ke Jl. Magelang KM 2 (Jl. Jambon) Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogjakarta. Oya, tempat wisata seluas 7 hektar ini jam bukanya mulai pukul 09.30-23.00.


5. Taman Pelangi

Gambar milik betykristianto.com

Terletak di kawasan Monumen Jogja Kembali, taman pelangi ini juga dikenal dengan sebutan taman lampion karena ada banyak sekali properti yang sengaja dibuat dengan banyak lampu dan lampion. Jam bukanya sendiri mulai pukul 17.00 sampai 22.00.

Di dalamnya kita bisa berkeliling menikmati keindahan suasana yang penuh dengan lampu warna-warni di sana-sini. Selain itu juga ada banyak wahana permainan seru seperti becak kayuh, sewa sepeda, otopet, puri hantu, trampolin, atau sekadar foto-foto di depan beragam bentuk properti yang unik dan lucu pastinya.

Harga tiket masuknya untuk hari biasa adalah Rp 15.000. sedangkan untuk hari libur akhir minggu Rp 20.000. tiket ini tentunya belum termasuk tiket ke masing-masing wahana ya Moms. Oya, kalau nggak salah tempat wisata ini tiap senin tutup ya. Nggak tahu kalau musim libur panjang seperti ini.



6. Museum Dirgantara

Gambar milik betykristianto.com

Ini adalah museum yang ada di kompleks militer TNI AU dan dibangun dengan ide awal untuk mengabadikan peristiwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU.

Untuk tiket masuk sangat murah, yakni Rp 2.500 saja. Museum ini buka tiap hari mulai pukul 08.30-15.00 tapi sayang di hari libur nasional mereka nggak melayani kunjungan. Nah, bagi Mommies yang kebetulan liburnya panjang, bisa dong atur-atur waktu kalau emang mau ke sini ya.

Di dalamnya selain ada diorama sejarah dan ruang pamer dokumen serta benda-benda penting lainnya, juga ada ruang pamer ALUTSISTA yang keren banget. Kita bisa juga melihat koleksi pesawat-pesawat tempur yang pada jamannya pernah dipakai untuk berperang. Keren loh!!

Mau lihat koleksi fotonya? Saya pernah menulisnya di sini ya.


7. Keraton Yogyakarta

Gambar milik pesonawisataindonesia.com

Siapa nggak kenal tempat tinggal orang nomor satu di Jogja ini? Yup! Kalau ke Jogja enggak afdol kalau enggak ngajak anak-anak masuk ke istana raja Jogja ya Moms. Di sana mereka bisa belajar banyak hal bersejarah tentang seluk beluk keraton dan dinasti pemegang tampuk kepemimpinan di Jogja ini.



8. DeMata Museum

Gambar milik IG @de_mata_de_arca


Buat Mommies yang pengen nyari tempat wisata yang asik dan lain daripada yang lain, bisa juga mampir ke DeMata Museum. Di sini ada koleksi patung lilin dari banyak orang penting di negeri ini loh.

Harga tiket masuknya bervariasi, mulai Rp 30.000-an sampek Rp 140.000 ribu tergantung museum mana yang akan kita kunjungi. Soalnya di sini emang ada 4 museum yang semuanya keren abieesss.

Lokasinya ada di XT Square jl. Veteran no 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Jogja.



9. Kampung Dolanan

Gambar milik indonesia.tripcanvas.co

Nah, yang ini pas banget untuk putra-putri kita mengenal dolanan tempo doeloe. Terletak di desa Pandes, Bantul, Jogja, desa ini menawarkan beragam permainan masa kecil yang sekarang udah hampir punah. Selain itu, anak-anak juga bisa belajar membuat aneka permainan asik loh.

Serunya lagi, katanya tiket masuknya free, Gaesss! Tapi enggak tahu juga ding sekarang gimana. Kali aja udah mbayar ya hahaha..Yang jelas, kalaupun harus bayar kayaknya nggak bakalan nyesel deh.


10. Cocholate Monggo

Gambar milik IG @Cocholate Monggo

Di Jogja, ada pabrik coklat yang terkenal, namanya coklat Monggo. Meski namanya Jawa banget, tau nggak sih, owner sekaligus foundernya ternyata bule? Hayooo.. baru tahu kan? Hihihi…

Kalau berkunjung ke sini, kita bisa belajar banyak hal mulai dari membuat dan mengemas coklat dan bahkan mencicipinya di tempat. Uwoww!! Mantul, kan?

Kalo kita ke sini pengen beli, alamat tokonya ada di Dalem KG III No.978, Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta. Nah kalau mau ngajak anak-anak beraktivitas, kita bisa mengajak mereka ke museum dan pabriknya yang Jl. Tugu Gentong RT. 03 Sribitan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Museum ini open mulai jam 09.00 – 17.00. selama weekdays. Dan pukul 09.00 – 19.00 selama weekend. Tapi sebelum ke sini, pastikan kita booking dulu ya. Pricelistnya akan diberitahu saat proses booking dan reservasi.



11. Jogja Bay Waterpark

Gambar milik FB Jogja Bay Waterpark

Anak-anak pasti sukak diajak bermain air. Nah, salah satu wahana yang oke banget adalah Jogja Bay Waterpark yang ada di daerah Maguwohardjo. Di sana ada lokasi berenang yang bisa dipilih mulai dari pirates waterpark, aneka slider hingga permainan khusus anak-anak lainnya. Oya ada juga pertunjukan drama musikal loh.

Tiket masuk ke sini emang rada lumayan Moms. Yakni Rp 60.000 untuk anak dan Rp. 90.000 untuk dewasa. Jam buka mulai pukul  09.00-16.00.


12. Ice Cream World

Gambar milik IG @mingmooon

Waaah siapa yang bisa nolak sama makanan eh minuman yang satu ini yak? Nggak cuma anak-anak, parents pun pasti syukak es krim yang manis dan menyegarkan ini.

Tapi, es krim yang satu ini beda Moms. Di Ice Cream World Jogja, kita bisa poto-poto syantik sama nak kanak yang lucu dan emezzzh ituh. Properti di sini bagus-bagus banget dan pastinya bikin kita makin ciamik. Kayak dedek emessh yang di poto ini.

Kalau Mommies mau ke sini, cuss aja langsung ke  Jalan Solo KM 11 No. 31, Cupuwatu I, Purwomartani, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini buka mulai pukul 10.00-21.00 dengan tiket masuk Rp 20.000 untuk anak dan Rp 40.000 untuk dewasa. Kita bisa tambah Rp 20.000 untuk paket termasuk ice creamnya ya. Hm.. yummy!


13. Teddy Bear World

Gambar milik @eloras_diary

Kalau tadi kita udah mamam es krim, di Teddy Bear World ini kita bisa peyuk-peyukan manjah ama boneka Teddy yang supeeer lucu. Kayak Dedek Elora ini.. gimana kiyut kaan?

Yuk, yang mau babynya mejeng syantik kayak gini, bolehlah merapat ke Jl. Ringroad Barat No.27 Bedog, Trihanggo, Baturan, Sumberadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Jogja.


Nah, itu tadi 13 destinasi wisata yang kids friendly di Jogja. Jadi, mana pilihan Mommies?



Salam,






0
Liburan ke Jogja? Intip Dulu Daftar Tempat Wisata untuk Anak Berikut Ini Yuk! Liburan ke Jogja? Intip Dulu Daftar Tempat Wisata untuk Anak Berikut Ini Yuk! Reviewed by Bety Kristianto on May 28, 2019 Rating: 5

8 comments:

  1. Mau bangeeet ke Jogjakarta akuuuu kan kembaliiii he he kangen situasi wisatanya

    ReplyDelete
  2. Keren banget, nih Yogya. Banyak wisata yang ramah keluarga sehingga bisa menjadi destinasi utama bagi mereka yang ingin liburan bareng keluarga.

    ReplyDelete
  3. Aku naksir yang pabrik cokelat-nya, Mbak. InsyaAllah, kalo ke Yogya lagi mau mampir, ah. Jangan ke Goa Pindul mulu :D

    ReplyDelete
  4. Whoaaa ... Makasih bangeeet. Pas nih aku tuh memang sedang cari tempat wisata ramah anak di sekitaran Jogja. Soalnya dua bulan ke depan mau ada acara keluarga gitu. Anak-anak kalau dibawa lalu nguplek di rumah kan pasti bete, yaaa. Taman Pintar bakal jadi tujuan wisata pertama nih karena strategis kemana-mana dan dari segi usia, sudah pas banget buat unyil-unyil di rumah. Thanks ya, Mbok Bet ...

    ReplyDelete
  5. waduuh bikin mupeng semua nih tempat wisatanya dan saya belum pernah mengunjunginya semua, wkwkwk. Paling pengin ke taman pintar

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak banget wisata baru di Yogya yah. Ada giant wheel segala? Bener-bener kota wisata deh. Coklat Monggo itu favorit banget. Suka yang rasa kopi dan dark chocolate.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih atas infonya mbak, bisa jadi referensi kalau ke Jateng

    ReplyDelete
  8. Banyak yg blm sy kunjungi tempat wisata yg mba sebutkan. Hihi kudu ke Jogja lagi nih...but when?

    ReplyDelete

Halo, saya Bety. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar. 😊

Powered by Blogger.