Post Page Advertisement [Top]


resep saus kacang murah meriah


Resep Saus Kacang Multifungsi - Hola semua! Nggak kerasa yah, hari ini sudah mulai puasa. Meski nggak menjalankan ibadah puasa Ramadan, saya dan keluarga selalu menantikan bulan puasa tiba loh. Soalnya bisa jajan cemilan dan macem-macem menu takjil yang endolita itu. Berhubung tahun ini kita berpuasa dalam masa prihatin nasional, sepertinya kondisinya akan sedikit berbeda. Semoga saja ibadah puasa temen-temen semua tetap lancar ya.

Nah, untuk mengisi waktu menunggu bedug magrib sekaligus tetep produktif selama #dirumahaja, yang namanya mak emak alias bukibuk harus siaga makanan untuk berbuka puasa. Betul kan? Kalau kemarin-kemarin masih bisa sesekali jajan di luar atau buka bersama kolega, teman kerja, atau sanak keluarga lainnya, gimana ya kalau ternyata Mommies “terpaksa” nyiapin menu berbuka sendiri setiap hari?

Kira-kira bakalan mati ide nggak sih? Secara gitu loh, 30 hari stand by nyiapin menu sahur dan berbuka. Hm.. gimana ya?

Salah satu cara agar nggak mati gaya dan mati ide menyiapkan menu selama berpuasa, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah:

1. Tanya sama anak-anak atau suami

Poin pertama ini paling mudah dilakukan. Cara ini memberi beberapa keuntungan, karena tepat sasaran. Kita nggak usah nebak-nebak apa yang ingin dimakan oleh keluarga tercinta. Selain itu, menu kesukaan mereka kan biasanya udah kita hafal di luar kepala.

2. Ingat-ingat resep warisan keluarga

Inget nggak menu masakan ibu jaman kita kecil dulu? Di antara sekian banyak makanan yang pernah kita cicipi, pasti adalah satu dua yang jadi favorit kan? Nah, coba deh bikin menu yang sama. Itung-itung bernostalgia kan? Oya, kalau kebetulan rumah orangtua kita nggak terlalu jauh, bisa juga loh kita mengirimkan paket berbuka puasa untuk mereka. Sekalian tanda sayang kan ya…

3. Buka buku resep andalan

Pas jamannya internet masih jadi barang mewah, saya tuh suka banget bikin kliping tentang berbagai hal, termasuk resep masakan. Selanjutnya, mulai koleksi buku resep masakan. Mommies gimana? Ada yang seperti saya juga? Kalau ada, kuy dibuka lagi deh koleksi buku atau kliping menu masakannya. Daripada jadi sarang laba-laba kan bisa jadi menu makan malam yang sehat dan enak untuk berbuka puasa. Hm, yummy!


4. Nyari inspirasi memasak dari Youtube

Ini adalah salah satu cara “termudah” untuk nyari rekomendasi resep memasak secara online. Asiknya cara ini adalah, kita bisa melihat langsung tutorial memasak menu tertentu. So, bisa meminimalisir kegagalan hehehe. 


5. Berburu ide masak dari Instagram dan Facebook

Mirip dengan Youtube, Instagram dan Facebook juga menjadi tempat asik berselancar mencari ide resep masakan. Selain itu, kita juga bisa bergabung dalam grup memasak atau pecinta kuliner yang ada di media sosial tersebut.


6. Baca-baca blog

Nah, yang terakhir ini adalah aktivitas yang sedang Mommies lakukan. Ada banyak  blog kuliner ataupun lifestyle yang mengulas tentang resep masakan, seperti smartmomhappymom ini.

Nah, kali ini saya akan berbagi resep saus kacang. Kenapa saus kacang? Karena saus ini bisa multifungsi alias compatible untuk beberapa menu makanan sekaligus. Mayan kan, ngirit waktu dan tenaga dalam pembuatannya. Kita bisa memakainya untuk saus sate ayam atau daging, siomay atau bakso tahu, gado-gado atau juga bisa dijadikan saus cocol untuk teman cemilan sore.




Sebelum bicara soal resep saus kacang, kita kenalan dulu ya sama si mungil yang bernama latin Arachis hypogaea ini. Tau nggak, kacang tanah ternyata bukan asli Indonesia loh, tapi dari daratan Amerika.Seperti dikutip dari Wikipedia, kacang tanah mengandung mineral, fitonutrien, protein, asam amino, vitamin B kompleks, vitamin A, C dan E serta serat. Selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, kita nggak perlu khawatir akan efek sampingnya seperti asam urat atau naiknya kadar kolesterol.

Baca juga: 4 Ide Masakan untuk Keluarga 

Dari segi kesehatan, berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi kacang tanah:
1. Menjaga kesehatan jantung
2. Mencegah penyakit saraf dan Alzheimer
3. Membantu melawan kanker
4. Berfungsi sebagai anti toxic
5. Mengatasi batu empedu
6. Meredakan stress
7. Mengontrol kadar gula darah
8. Mengencangkan kulit, mengatasi jerawat dan meningkatkan kesuburan


resep saus kacang rumahan
Image source : grid.id


Nah, untuk resep saus kacang yang biasa saya bikin ini bahan dasarnya cukup mudah, yaitu
1. ½ kg kacang tanah, goreng atau sangrai sampai matang
2. 4 siung bawang putih
3. 4 butir kemiri
4. Garam secukupunya
5. Gula jawa sesuai selera
6. Air secukupnya
7. Jika ingin pedas, bisa tambahkan beberapa cawe rawit dan cabe merah keriting. Sesuaikan jumlahnya dengan selera.

Kuy baca juga yang ini ya : Resep Bolu Kukus Nutrisari Murah Meriah 

Cara membuat:
1. Haluskan semua bahan dengan blender sampai tidak ada yang bergerindil.
2. Tuang ke atas wajan lalu masak sampai mengental. Kadar kekentalan bisa menyesuaikan selera kita ya. Kalau saya suka yang agak encer gitu. Oya, kalau bisa saat memasak saus kacang ini usahakan untuk sering-sering diaduk supaya nggak lengket di dasar wajan.
3. Kalau kira-kira tekstur kekentalan sudah didapat, matikan kompor dan biarkan dingin.
4. Siapkan beberapa wadah bersih dan kedap udara
5. Jika saus sudah dingin, masukkan ke dalam wadah-wadah yang sudah disiapkan. Kalau mau dipakai tinggal tuang, kalau mau dibesokin kita bisa simpen di kulkas. Menurut pengalaman saya, saus ini bisa tahan sampai seminggu lebih kalau disimpan di bawah freezer. Kalau mau dimasukin ke freezer pastinya akan lebih lama. Hanya saja nanti kalau mau dipakai harus didiemin agak lama dulu di suhu ruang.

Gimana? Gampang kan resep saus kacang rumahan ala saya ini? Dijamin deh nggak akan kalah sama buatan resto mahal. Next post saya akan bagikan resep sate ayam dan bakso tahu endess ala dapur Mommy Bety ya…


Happy cooking, stay healthy ya Moms.. 

1 comment:

  1. Wow...makasih resenya Mba, suka sambel kacang tapi nggak pernah kepikiran untuk dibikin saus yang bisa awet disimpen...thanks a lot pokokmen.

    ReplyDelete

Hi there!

Thank you for stopping by and read my stories.
Please share your thoughts and let's stay connected!

Bottom Ad [Post Page]