Post Page Advertisement [Top]



Selama masa “lockdown” alias harus banyak #dirumahaja dalam rangka memerangi covid-19 ini, rasanya ada banyak alesan untuk kita bosen dan mati gaya ya. Gimana enggak, berhari-hari di rumah dengan bejibun tugas tanpa bisa jelalatan liat dunia luar tuuuuh nggak enak buanget. Palagi buat yang biasa berkeliaran dan eksis tiap hari. Sekarang harus 24 jam di rumah bae.

Belom lagi Mommies yang masi punya anak usia sekolah dan harus berjuang melawan penjajahan nemenin anak belajar di rumah. Udah gitu anak minta makan wae huhuhuhu.. Hayati lelah, Marimar!

Lah, emangnya kita nggak boleh ngeluh? Bolelah.. manusiawi kok. Asal… jangan lebai dan gangguin orang lain. Oke?



Nah, biar enggak senewen selama #dirumahaja, nggak ada salahnya loh kita ngoprek dapur dan bikin sesuatu yang biasanya mungkin jarang kita masak. Let’s say lah masakan yang agak-agak gimana gitu.

Berhubung saya bukan chef, hari-hari di dapur ya bisanya cuman masak itu-itu aja. Hahaha… nggak papa lah yang penting perut kenyang, krucilpun senang. Lha wong di luar sana banyak tukang jualan yang pada tutup je.. yekannn? So, selain emang untuk isi waktu, memasak untuk keluarga seperti ini juga bikin kita enggak stress dan pastinya terjamin kebersihannya.

Berikut ini beberapa menu makanan yang kali-kali aja bisa jadi inspirasi manteman semua untuk bekal #dirumahaja buat kesayangan ya…

Capcay sayur

resep capcay sayuran betykristianto

Menu yang satu ini gampang banget bikinnya. Bahannya juga nggak neko-neko. Kebanyakan bisa kita dapetin di tukang sayur yang mangkal. Kuy, segera saja liat di bawah ini

Bahan:

• Fillet dada ayam ¼ kg

• Jamur kancing ¼ kg, cuci, potong-potong, rebus, sisihkan

• Sawi sendok 2 bungkul, cuci bersih, potong besar dan sisihkan

• Wortel 2 buah, kupas, iris sesuai selera

• Brokoli 1 buah, siangi, pakai sama batangnya

• Bakso udang atau bakso daging, sesuai stok di rumah


Bumbu:

• Bawang putih 3 siung, geprek kasar

• Bawang bombai secukupnya, potong kasar

• Garam, gula pasir, merica secukupnya

• Tepung maizena 2 sdm, cairkan

• Minyak sayur, minyak wijen, saus tiram dan kecap asin

Cara:

• Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai agak layu, masukkan ayam dan aduk-aduk. Tambahkan garam dan air secukupnya.

• Masukkan jamur kancing, bakso udang, wortel dan batang brokoli. Aduk lagi. Tutup

• Masukkan gula, kecap asin dan saus tiram.

• Masukkan brokoli, lalu disusul maizena cair. Aduk terus jangan sampai menggumpal.

• Masukkan merica dan sawi, lalu aduk sebentar. Lakukan tes rasa, angkat dan sajikan



Mi ayam jamur ala-ala




Bahan :• Mi keriting/mi telor/mi apapun yang ada di rumah. Kalau saya kemarin pakai 5 bungkus indomie goreng. Rebus, sisihkan. Tapi bumbunya enggak dipakai.

• ¼ kg ayam dada, rebus, potong dadu, sisihkan. Air rebusan jangan dibuang, nanti buat bikin kuahnya.

• ¼ kg jamur kancing, cuci, potong dan rebus. Sisihkan.

• Bakso daging bebas jumlahnya

• Sawi sendok/sawi hijau/selada (bebas sesuai stok)

• Daun bawang dan sledri

• Penyedap rasa (optional)


Bumbu ayam jamur:

• Bawang putih, digeprek dan rajang kasar

• Saus tiram, kecap asin, minyak wijen

• Daun jeruk

• Daun bawang

• Kecap manis, gula pasir dan garam secukupnya


Cara bikin:

Ayam jamur

• Tumis bawang putih hingga setengah layu, masukkan daun bawang (tanpa batang) dan daun jeruk, aduk-aduk.

• Masukkan daging ayam sampai setengah matang dan garam.

• Masukkan jamur dan air. Aduk rata.

• Tambahkan gula, kecap asin, saus tiram, dan kecap manis. Tunggu sampai bumbu meresap. Tes rasa, angkat dan sisihkan.

Kuahnya

• Tumis bawang putih hingga layu, tambahkan air. Tunggu hingga mendidih.

• Tambahkan bakso, garam dan merica.

• Tambahkan penyedap rasa jika suka

Cara menyajikan: tata di mangkuk mi, topping ayam jamur, daun bawang dan sledri cincang, dan bakso. Sirami dengan kuah mendidih. Taburi dengan bawang goreng. Lengkapi dengan krupuk atau pangsit.


Bubur ayam spesial



Bahan bubur:

• ½ kg beras, cuci bersih

• Buat santan dari ½ butir kelapa, jumlahnya sesuaikan dengan kadar kekentalan bubur yang dimaui.

• Daun salam, garam dan penyedap rasa (jika suka)


Bahan topping:


• Ayam goreng

• Kedelai goreng

• Daun bawang dan sledri

• Telur rebus kuah kari (bumbunya hanya bawang merah dan bawang putih, garam, gula, daun salam, daun jeruk, dan santan encer.)

• Kerupuk

• Sambal

• Kecap manis dan asin

• Merica


Cara bikin:


• Masak beras, santan, dan bumbu lainnya hingga menjadi bubur. Aduk-aduk agar nggak lengket di bagian bawah panci.

• Jika sudah matang, sajikan di piring/mangkuk, kasih topping dan sedikit kuah biar nggak kering banget buburnya.

• Sajikan hangat.


Bakmoy tahu ayam

bakmoy ayam tahu betykristianto

Ini sebenernya menu gampang tapi susah, karena agak banyak printilannya. Waktu masak dan persiapan sekitar 2 jam.

Bahan isi:

• ½ kg dada ayam fillet, rebus sampai empuk dengan garam dan bawang putih, sisihkan. Airnya jangan dibuang ya.

• 6 buah tahu, potong dadu kecil-kecil, goreng sampai garing. Sisihkan.

• Bawang putih

• Minyak goreng

• Kecap manis

• Merica, garam, dan gula sesuai selera


Pelengkap


• Telur kecap

• Daun bawang, sledri

• Bawang goreng


Cara bikin isian:


• Tumis bawang putih hingga layu, masukkan ayam yang sudah direbus, tambahkan garam

• Susuli dengan gula pasir, merica dan tahu goreng. Aduk-aduk lalu masukkan air secukupnya.

• Tambahkan kecap manis. Tunggu hingga bumbu meresap dan air berkurang sampe tinggal nyemek-nyemek gitu.

• Matikan api, sisihkan bahan isian.


Bikin kuahnya:


• Tumis bawang putih hingga layu, masukkan sisa air rebusan ayam tadi. Kalau masih kurang, tmabahin air biasa tunggu hingga mendidih.

• Tambahkan garam, merica dan sejumput gula (untuk kasih taste aja)

• Kalau suka, tambahkan penyedap atau kaldu bubuk.


Cara penyajian:


Tata di mangkuk: bahan isian ayam dan tahu, telur kecap (dibelah jadi 2), daun bawang, sledri, dan siram dengan kuah panas. Taburi bawang goreng dan sajikan dengan sambal dan kerupuk sebagai pelengkap. Jangan lupa nasi hangatnya ya .. 😊



Nah itu tadi beberapa inspirasi masakan rumahan untuk menu makanan anak-anak di rumah ya. Saya masih punya stok menu tapi besok lagi ah nulisnya hehehe. Sekarang, nggak ada kamus mati ide lagi layaw selama "lockdown" ya …




Stay healthy, stay happy.. #dirumahaja tetep produktif  Moms..

19 comments:

  1. #dirumahaja memaksa banyak emak yang tiba-tiba jadi pinter masak. Umeeek ae sama wajan dan panci 🤭

    Btw itu bubur apa nasi uduk, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iyaa mba, salah kasih gambar hahaha udah aku edit tuh

      Delete
  2. Manteep mbak inspirasi menunya. Contek ah buat minggu depan udah bingung tiap hari pas bangun mikir masak apa hari ini saking kadang habis ide

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Sinta, kadang emang bingung mau masak apa lagi gitu ya. anak-anak bawaannya makan wae ih ini

      Delete
  3. Whaa sama kaya aku nih, jadi sering banget bebikinan... Ngumpulin resep, ngadain terooooos, haha... Gapapa deh yang penting happy ya mbok... Thx iih ini resepnya, kalau lagi butuh ide bisa cus ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih iyes mba Dwi... anak-anak di rumah simboke masaaak trooss hahha

      Delete
  4. Mbak, itu untuk ayam resep mi ayam oakai daun jeruk berapa banyak? Baunya kan kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit aja mba, hanya 3 atau 4 lembar aja buat kasih taste doang

      Delete
  5. Wah boleh juga nih resepnya mba. Noted deh. Hihi secara emak-emak kdg linglung mau masak apa wkwkwk...tengkiu ya mba...

    ReplyDelete
  6. Woho,, bisa jadi inspirasi belajar masak buat Yuni nih...

    Mie ayamnya boleh juga. Yuni kan menggila makanan ini. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Waduh, Mbak Bety jan sregep masak. Aku tiap hari masak tumisan aja. Tumis brokoli, tumis jagung, tumis pepaya, tumis labu siam, Sop. Wis pokok gak kreatif blas. Aku minat resep mie ayam jamurnya. Mau tak coba deh.

    ReplyDelete
  8. wah makasih udah share resep masakan yang aku jarang sekali masak nih mbak, bisa dieksekusi nih besok karena sekarang lagi rajin masak, hehe

    ReplyDelete
  9. Banyak resep yang bisa dicoba nih, resepnya juga pakai takaran yang tidak banyak. Cocok untuk keluarga kecil kami.
    Bagi saya yang kemampuan memasaknya mengenaskan, tantangan sekali masa dirumahaja ini.
    Biasanya kan dulu masaknya pake hape. Ndudul hape, masakan mateng dah dibawakan oleh mas ojol atau twman yg jualan. Sekarang harus ngerem, selain masih parno masalah virus, harus ngirit juga kan. Apa apa mahal gini.
    Pengen nyoba yg capcay tapi bawang bombay sekarang masih mahal bgt nih mbak di tempatku. Bolehkah bawang bombaynya di skip saja?

    ReplyDelete
  10. Ini nih yg namanya berkah di balik musibah. Ibu2 jadi kreatif. Hehe ... Btw, aku langsung pingin nyobain satu2 resep Mbak lo ...

    ReplyDelete
  11. Baru tau resepnya Bakmoy Tahu Ayam, kebetulan bahannya ada, tinggak eksekusinya aja, deh!
    Etapi pengen buat mie ayam jamur juga, kayaknya enak ya...

    ReplyDelete
  12. Aku bersyukur ada yang posting menu sekalian resepnya begini, kan jadi ada ide memasak akutuuu. Ini bakmoy enak banget tuh, capcaynya juga terus buryam dan mie ayam...wah, bakalan betah yang dirumahaja

    ReplyDelete
  13. Keren. Dalam satu postingan ada 4 resep masakan. Benar-benar jadi emak kreatif dan chef produktif nih ya :)
    Dua resep paling atas sih lumayan sering saya bikin. Emang kesukaan keluarga saya tuh tumis-tumisan dan mie.
    Jadi pengen nyobain bikin buryam, nih. Enak kali ya pas suasana dingin kek begini. Lanjutkan masaknya, Simbok cantik!

    ReplyDelete
  14. Asli, Mbok. Ini menunya enak-enak semua, lho. Di rumah aja ga mematikan kreatifitas ya, mbok. Coba kita deket, udah aku samperin nih. Hahaha

    ReplyDelete
  15. Aku nyontek resep mie ayam jamurnya ya.
    Anak-anakku suka banget makan mie ayam :)

    ReplyDelete

Hi there!

Thank you for stopping by and read my stories.
Please share your thoughts and let's stay connected!

Bottom Ad [Post Page]