Resep Bolu Kukus Nutrisari Murah Meriah ala Smart Mommy

Masa liburan sekolah terkadang bikin Mommies jadi puyeng. Bukan karena kelamaan plesiran, tapi karena pusying mau masak apa lagi buat nak kanak yang hobinya makan terus tiap kali nganggur. Biasanya kalau mereka sekolah, minimal 6 jam kan nggak ngariung dan kruntelan di depan tivi. Jadi hasrat ngunyah-ngunyah pun rada berkurang. Nah, masalah mulai datang pas nggak ada kerjaan. Perut bawaannya jadi laper muluk. Apalagi saya yang punya dua jagoan. Eh, bener apa bener ya?

Jadilah, kemarin selama liburan itu kerjaan terbanyak saya bukan di depan laptop duduk manis sambil nyemil keripik. Tapi bulak balik dari dapur ke depan tivi, lanjut ke area mesin cuci dan meja setrikaan. Hihihi... nasib nggak punya ART ya gini ini. Semua serba sendiri. Tapi nggak boleh ngeluh kan ya? Selama masih kepegang, ya saya mah berusaha tetep on fire ngerjain kerjaan domestik. *Halah (((on fire)))*

Anak-anak memang perlu energi yang cukup untuk beraktivitas ya Moms. Nggak cuma cukup makan 3 kali sehari loh, mereka juga perlu makan makanan lain di sela-sela jam makannya. Emang kenapa?

  1. Lambung anak-anak masih kecil, jadi daya tampungnya belum sebanyak orang dewasa. Karena itu, makan dalam porsi kecil tapi sering, akan sangat membantu mereka memiliki stok energi sepanjang hari. 
  2. Pemberian  kudapan di sela jam makan membuat anak nggak kelaparan saat jam makan utama tiba. Hal ini katanya sih bermanfaat untuk mencegah mereka makan berlebihan alias emotionally eating. Kudapan yang tepat juga membuat anak nggak mudah bosen sama makanan yang itu-itu aja.
  3. Kita bisa menjadikan kudapan untuk menawarkan jenis makanan baru buat anak. Kan banyak tuh anak-anak yang maunya cuma makan ituuuu terus ampe Mommy-nya bosen. Nah, cobain deh siasatin dengan menyediakan kudapan yang beragam setiap hari. 


Dan kali ini saya mau sharing sedikit tentang resep kudapan praktis murah meriah dan pastinya enak. Resep ini sebenernya cuma saya modifikasi dari resep serupa yang pernah saya liat di sebuah grup memasak online di FB. Dulu saya pernah bikin kudapan ini sekali doang, dan anak-anak demen. Cuma, abis itu nggak sempet lagi bebikinan. Kira-kira apa ya kudapan yang saya bikin? Kuy, ikutin sampe selesai ya 😉

Baca juga yang ini : Makanan Ini Yeay or Nay?

Resep Bolu Kukus Nutrisari

Bolu Kukus Nutrisari

Yup! Mungkin Mommies udah banyak yang bisa bikin kudapan yang satu ini. Tapi nggak papa deh, saya masih semangat kok berbagi resepnya hahaha. Siap?

Bahan yang diperlukan


  • 1 gelas belimbing tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm tepung maizena
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 bungkus nutrisari rasa mangga atau jeruk 
  • sejumput garam
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sdt baking powder
  • 100 ml susu UHT plain atau santan 
  • 60 ml minyak sayur 
Untuk bahan-bahan ini saya sering kali nggak pakai takaran yang pasti. Kebanyakan hanya mainkira-kira saja. Seperti minyak sayur dan santan/susu UHT. Pokoknya dikira-kira saja kondisi adonannya nggak boleh terlalu lembek (cair) ya. Karena nanti justru bisa bantat. 


Cara Membuat Bolu Kukus Nutrisari
  • panaskan dandang dengan api besar, alasi tutupnya dengan serbet agar uap panas nggak menetes di atas kue
  • campur dan aduk semua bahan kering dalam sebuah mangkuk besar
  • tambahkan telur ayam yang sudah dikocok lepas
  • masukkan santan/susu UHT dan minyak sayur, aduk kembali
  • tuangkan ke dalam loyang yang sudah dilumuri mentega dan ditaburi sedikit tepung 
  • kukus sekitar 15 menit 
  • angkat, letakkan di atas piring saji, olesi mentega lalu taburi meses atau keju sesuai selera
  • makan hangat-hangat sebagai teman ngeteh atau ngopi
Nah, gimana? Praktis kan, Moms? Yuk, dicoba di rumah buat nemenin anak-anak main di sore hari juga OK loh.


 Selamat berkreasi ya





Resep Bolu Kukus Nutrisari Murah Meriah ala Smart Mommy Resep Bolu Kukus Nutrisari Murah Meriah ala Smart Mommy Reviewed by Bety Kristianto on January 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Halo, saya Bety. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar. 😊

Powered by Blogger.