Resep Coleslaw ala HokBen Anti Gagal, Wajib Coba!

Resep coleslaw ala Hokben


Kami sekeluarga itu suka banget sama salah satu resto keluarga yang menyediakan makanan cepat saji ala Jepang gitu, sebut saja Hokben, deh hahaha 😍 Dari dulu, pengen bikin sendiri coleslaw-nya mereka tapi selalu gatot alias gagal total. Entah yang kemanisan, atau justru keaseman. Setelah beberapa kali percobaan yang bikin kesel karena selalu gagal maning, akhirnya saya menyerah dan pilih nge-Hokben aja kalau pas pengen. 

Sampai beberapa waktu lalu, thanks to technology, saya menemukan IG Reels di mana ada bukibuk yang nyepil resep bikin coleslaw anti gagal ini. Sempet ragu bakalan zonk lagi, saya maju mundur mau bikinnya. Udah sempet beli bahan mentahnya, tapi beberapa kali juga akhirnya gak berani coba dan terpaksa itu bahan membusuk begitu saja hiks.

Hingga akhirnya minggu kemarin saya membulatkan perut eh tekad, untuk bikin. So, saya pergi dong ke supermarket yang ngejual bahan fresh demi mendapatkan hasil coleslaw yang terdebest. Nah, biar nggak penasaran cuss kita kupas tuntas yuks, cara bikinnya dari A-Z. Halaah hahaha...


Resep Coleslaw ala HokBen 

Bahan utama

bahan coleslaw


Untuk bahan utama yang kita pakai ada 3 jenis sayuran, yakni:

  • Lobak segar, pilih yang besar dan masih segar. Biasanya, ditandai dengan dagingnya yang masih keras saat ditekan. Daging lobak yang masih segar seperti ini umumnya memiliki rasa dan tekstur manis dan renyah. 
  • Worter besar. Kalau saya kemarin pilih wortel orens besar supaya dapet tekstur yang diinginkan. Kalau wortelnya kecil-kecil dan udah nggak segar, takutnya hasil akhirnya juga kurang renyah gitu. 
  • Kol/kobis putih. Kenapa pilih yang putih? Karena kol putih relatif lebih renyah dan manis ketimbang yang warnanya agak hijau muda itu, Moms

Bahan Saus

Untuk saus ini adalah campuran dari beberapa bahan berikut:
  • Mayones, merk bebas
  • Thousand Islands 
  • Susu kental manis
  • Saus tomat
Untuk takarannya, menyesuaikan selera aja. Kalau saya kemarin sih perbandingan mayones dan thousand island 1:1. Selabihnya, susu kental manis secukupnya untuk kasih rasa manis, dan saus tomat sedikit aja untuk kasih warna agak merah biar nggak pucet. 


Air Rendaman Cuka

Kita butuh air rendaman ini untuk memberi rasa pada wortel dan lobak nanti. Bahannya berikut ini:
  • 6 sendok makan gula pasir
  • 4 sendok makan cuka meja
  • 2 sendok teh garam 
  • 500 ml air
Didihkan semua bahan di atas api sedang. Air ini nanti akan kita siramkan ke atas potongan wortel dan lobak. 


Cara Membuat Coleslaw ala Hokben

Bento rumahan dengan coleslaw ala Hokben


  1. Pertama-tama, kupas bersih, cuci dan potong-potong wortel dan lobak. Potongnya bentuk korek api memanjang ya Moms
  2. Sisihkan wortel dan lobak yang sudah dipotong korek api ke dalam piring atau mangkuk. 
  3. Siramkan air rendaman cuka yang sudah mendidih tadi ke dalam mangkuk berisi potongan lobak dan wortel, diamkan mininal 2 jam. Setelah air cukup dingin, bisa dimasukkan kulkas. Acar dingin akan lebih nikmat dinikmati. 
  4. Potong halus kol, cuci bersih dan rendam di dalam air es. Diamkan selama minimal 2 jam biar teksturnya renyah dan segar.
  5. Saat akan makan, tata potongan lobak dan wortel serta kol di atas piring saji. Siram dengan saus yang sudah kita buat tadi. 
  6. Sajikan dengan nasi hangat, sup tofu, dan lauk pauk favorit anak-anak. Dijamin, rasanya bisa diadu sama Hokben deh hehehe. 


Selamat mencoba!






Posting Komentar

0 Komentar