Pentingnya Servis Motor Matic Agar Panjang Umurnya

oli motor matic



Pentingnya Servis Motor Matic - Sebagai penyandang gelar Macan Ternak alias Mama Cantik Nganter Anak, saya menghabiskan banyak waktu untuk mengukur jalan. Seringnya, biar nggak terjebak macet saya lebih suka pakai motor ke mana-mana. Selain lebih ngirit, juga lebih cepat pastinya. 

 

Motor andalan sejak jaman baheula pas masih nguli di kota kembang pun sampai saat ini masih setia menemani. Untuk menyiasati agar mbak mio kesayangan nggak gampang ngambek, saya dan suami harus rajin membawanya ke salon untuk perawatan. 

 

Salah satu rahasia umur panjang motor matic adalah harus rajin mengganti oli motor matic.  Selain itu, servis rutin lainnya juga nggak boleh ketinggalan, biar aktivitas antar jemput anak lancar jaya. 

 

Biasanya, servis motor dilakukan secara rutin saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Nah saat diservis itu, umumnya montir bengkel akan memeriksa bagian-bagian penting yang harus selalu dalam kondisi prima.

Menurut pengalaman saya setiap kali servis, berikut ini adalah 8 bagian yang wajib dicek saat servis motor matic.

1.     Oli mesin

Oli mesin gunanya sebagai pelumas, pendingin, sekaligus melindungi mesin. Itulah sebabnya oli mesin harus rutin diganti sesuai jarak tempuh yang direkomendasikan oleh pabrik. Umumnya, jarak tempuh yang disarankan adalah 2.500 km. 

Tapi akan beda lagi ceritanya kalau kita memakai oli sintetis seperti yang sudah mulai banyak digunakan oleh beberapa retailer otomotif saat ini. Oli ini diklaim bisa 2x lebih lama dibanding oli pada umumnya, yakni sampai 5.000 km. 

 

2.     Oli gardan

CVT (Continuously Variable Transmition) memegang peran sangat penting dalam kelangsungan hidup motor matic. Oli gardan ini fungsinya melumasi gear dalam CVT agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Biar gampang mengingat, kita bisa pakai rumus 2x ganti oli mesin kemudian diikuti dengan ganti oli gardan. 

 

3.     Busi

Benda kecil ini gunanya adalah untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api yang akan menyalakan mesin. Kalau businya udah soal atau bahkan mati, dijamin motor kesayangan bakalan mati suri. Jadi, sebaiknya periksalah kondisi busi secara rutin dan jika perlu ganti dengan yang baru. 

 

4.     Kampas rem

Keamanan berkendara, apalagi buat saya yang selalu bawa bocil, adalah hal yang paling penting. Ada banyak faktor yang memengaruhi keselamatan kita sepanjang perjalanan, salah satunya adalah kondisi kampas rem. Kampas rem yang sudah asu tentu saja sangat membahayakan dan bisa menimbulkan kecelakaan. Oleh karena itu, kita juga wajib mengecek kondisinya secara berkala saat servis motor. 

 

5.     Aki

Aki yang ideal, umumnya memiliki tegangan antara 12,3-12,6 volt dalam kondisi mati. Sementara jika menyala, tegangannya berada pada 13,7-14,2 volt. Kalau pas diperiksa ternyata ditemukan tegangannya tidak sesuai maka harus dilakukan penggantian. Biasanya, montir akan memberitahukan kondisi aki motor kita sebelum merekomendasikan penggantian. 

 

6.     Filter udara

Fungsi dari bagian ini dalah menyaring udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran agar tidak terkontaminasi oleh kotoran sehingga bisa merusak sistem injeksi dan karburator. Hal ini bisa jadi biang kerok motor ngadat nggak mau diajak jalan-jalan

 

7.     Ban 

Sering kali, kita hanya melihat kondisi luar ban. Gundul atau tidak, kempes atau tidak. Tapi saat diservis, montir akan memeriksa kondisi ban secara menyeluruh, termasuk tekanan udara dalam ban. Sama seperti sparepart yang lain, sebelum diperlukan penggantian, kita akan diberitahukan terlebih dahulu. 

 

8.     Tune up rutin

Servis yang satu ini meliputi pemeriksaan seluruh komponen motor, tapi biasanya montir akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan ban, kondisi lampu, saringan udara, tegangan rantai, rem dan klakson. Jika diperlukan, juga akan dilakukan penggantian sparepart yang dipandang sudah aus. 

 

oli motor matic


Pentingnya bengkel servis motor terbaik

Udah jadi rahasia umum, untuk mendapatkan servis terbaik ya pastinya harus ke bengkel terbaik juga dong. Jangan sampai kita datang ke bengkel abal-abal hanya karena terpikat iklan sesaat. 

Salah satu bengkel motor terbaik yang jadi andalan saya adalah Planet Ban. Di sini, kita bisa dapatkan servis motor rasa baru. Eits, apaan tuh?

Jadi, servis motor rasa baru itu dikenal juga dengan istilah sistem servis terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor kesayangan dengan cepat dan hemat. Dalam sistem servis terpadu ini montir berfokus pada pemeriksaan dan perbaikan bagian-bagian vital motor, yang umumnya cukup tersembunyi dan jarang diperiksa. 

 

Manfaat servis motor di Planet Ban

Yang saya suka dari Planet Ban nggak cuma petugasnya ramah dan cekatan. Tapi juga ada beberapa hal lain seperti berikut:

Penggunaan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi untuk meningkatkan performa sekaligus melindungi mesin. Dengan begitu, mesin jadi jarang rusak, lebih awet dan berumur panjang. 

Dipadu dengan penggunaan sparepart asli, motor kesayangan bakalan lebih nyaman, tahan lama, mesin jarang kepanasan, dan tarikannya enteng. 

Dalam kondisi seperti itu, kita nggak perlu sering-sering ganti oli, deh. Cukup setiap 5.000 km saja atau sekitar 4-6 bulan sekali. Selain itu, biaya servis juga lebih ngirit. Udah gitu, dengan performa mesin yang cihui, otomatis kita juga ikut serta mencintai bumi karena mengurangi polusi.

 

Lalu, apa bedanya servis di Planet Ban dan di bengkel lain?

O jelas beda dong! Dulu pas masih belum kenal Planet Ban, sering banget deh tu motor abis diservis masih ada aja kotoran dan debu di blok CVTnya. Pantesan motor abis servis kok kerasa berat aja gitu. 

Nah kalau servis rutin di Planet Ban, so pasti dijamin motor bersih, bahkan sampai ke seluruh bagian. Termasuk kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, dan throttle body. Rasanya kayak punya mesin baru gitu, motornya. 

Harga servis di sini juga affordable banget! Cukup rogoh kocek Rp20.000-an doang untuk servis injeksi, servis CVT, atau throttle body! Gimana nggak ngefans gitu, yakan? Jadinya males pindah ke lain bengkel deh, apalagi deket rumah ada juga nih. Mantabs! 

 

Jadi, masih mikir ke bengkel lain? Saya sih enggak!  



Salam!



 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Wah, aku juga selalu servis motor di planet ban mbak... sudah langganan...Pelayanannya bagus, trus kadang dikasih potongan harga... Dan kebetulan bengkel planet ban deket banget dari rumahku ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaa samaan dong kita. Akupun deket banget ke Planet Ban mbaa tinggal 10 menit sampe hehehe. Puas pokoknya sama Planet Ban ya

      Hapus
  2. Motor Mio itu pelopor matic di Indonesia ga sih. Aku ingat bgt soalnya pernah dekat sama orang yg motornya Mio 😅😂 Nah, itu berarti udah lama bgt ya si mba Mio-nya. Tanpa perawatan rutin pasti udah ga nyaman dipakai. Emang sengaruh itu memerhatikan kondisi mesin motor, termasuk milih servis di bengkel yg tepat kayak Planet Ban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ya mbaaa udah 12 taunan pake motor ini. Mau dijual sayang. Banyak kenangannya. Yg penting rajin servis masih nyaman aja dipake

      Hapus
  3. Kebetulan banget Planet ban itu deket banget dari rumah, coba ahh servis motor di planet ban. Sekalian mewujudkan resolusi tahun ini pengen ganti ban tubles motor

    BalasHapus
  4. Wah, tengkyu, Mbak Betty. Jadi nambah ilmu, jadi enggak cuman tahu pakainya aja...he...he...

    BalasHapus
  5. Yups bener banget. Memang harus service rutin biar mesin motor awet, body motor juga terjaga bersihnya. Apalagi kalo servicenya di bengkel yang terpercaya seperti planet ban ini yaa mom... Karena memang beda juga kan rasanya bawa motor yang rutin diservis Sama motor yang jarang diservis

    BalasHapus
  6. Setuju aku mba. Klo sesuatu yang berbau motor atau mobil wajib servis soalnya aku tahunya pake aja 😂. Jadi lebih tenang kalau serahkan pada ahlinya aja 😊

    BalasHapus

Hi there!

Thank you for stopping by and read my stories.
Please share your thoughts and let's stay connected!