Baju Putih Kesayangan Kusam? Berikut Tips Mengembalikan Warna Baju Putih yang Harus Mommies Tahu!

cara mengembalikan warna baju putih



Buat orang tua dengan balita di rumah yang lagi aktif-aktifnya, mendapati baju mereka kotor dan dekil sepertinya adalah hal super normal. Nggak usah balita deh, anak saya yang masih TK juga sering pulang sekolah dengan baju seragam yang entah warna aslinya ke mana. Paling ngenes tuh ya, kalau baju putihnya berubah jadi pelangi-pelangi. 

Well, sebetulnya nggak cuma genk bocil sih yang suka bermasalah sama baju putih. Kita-kita yang orang dewasa juga kadang suka kesel kalau baju putih kesayangan lambat laun kok warnanya jadi pudar en nggak kinclong lagi. Apalagi kalau tuh baju sebenernya enggak sering-sering dipakai dan justru disimpen di lemari eh giliran mau dipakai malah udah bulukan. Pernah banget soalnya ngalamin kayak gini. Kerah baju putih saya tuh ada totol-totol kekuningan seperti jamur gitu. Udah dicuci beberapa kali tapi enggak ilang juga tuh noda. Eh bentar, jangan-jangan cuman saya yang ngalamin ini ya? Hihihi...

Mengembalikan warna baju putih memang nggak semudah menyuap bakso ke mulut, palagi kalau si bocil kesayangan lagi GTM alias enggak mau makan. Butuh perjuangan dan pastinya ketelatenan. Terlebih kalau kotoran yang menempel tuh udah sampe berkerak. Wes ngethel kata orang Jawa. Bakalan butuh waktu dan tenaga ekstra buat ngembaliin warna baju putih seperti semula. 

Baju putih yang mulai pudar atau menguning warnanya, terkadag juga bukan semata karena terkena noda atau kelunturan baju lain. Cara mencuci yang kurang tepat, faktor lamanya pemakaian, atau paparan keringat dan penggunaan deodorant adalah beberapa faktor penyebab yang umum kita temui. 

Untuk mencegah kemungkinan baju putih kita cepat kusam, sebaiknya waktu mencuci dipisahkan dari baju lain yang berwarna. Lebih bagus lagi kalau kita mencucinya dengan tangan, jadi bisa lebih teliti membersihkan noda di bagian-bagian yang kotor, seperti kerah dan ketiak. 


tips mengembalikan warna baju putih


Tips mengembalikan warna baju putih ala smart mom

Meski terbilang enggak mudah, membuat baju putih kinclong lagi masih bisa kita lakukan loh. Beberapa cara berikut ini mungkin bisa dicoba.

1. Menjemur di bawah terik sinar matahari 

Kalau sinar UV bisa merusak kulit cantik kita, tidak demikian halnya dengan baju putih. Paparan sinar mentari yang terik justru bermanfaat untuk membantu memecah ikatan kimia dalam noda baju. Hasilnya, warna baju putih makin kinclong.


2. Merendam dalam air campuran jeruk nipis, lemon, atau jeruk purut

Jeruk nipis sudah dikenal dengan khasiat memutihkan yang dimilikinya. Nggak hanya ampuh mengobati jerawat dan ketombe, jeruk nipis juga bisa diandalkan untuk memutihkan baju yang menguning atau terkena noda secara alami. Cukup campur setengah gelas air perasaan jeruk nipis atau lemon dengan 5-9 liter air lalu gunakan untuk merendam baju putih selama beberapa jam atau maksimal semalaman. Setelah itu, cuci baju seperti biasa. 

Kalau memakai jeruk purut, caranya sedikit berbeda. Rebus air sampai mendidih, masukkan potongan jeruk purut, lalu masukkan baju putih dan rendam selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, cuci baju seperti biasa.


3. Menggunakan air rendaman baking soda 

Nggak hanya bermanfaat untuk membuat kue, baking soda udah femes banget akan kemampuannya membersihkan noda. Caranya mudah, campurkan secangkir baking soda dengan 4-5 liter air lalu rendam baju putih selama kurang lebih 1-2 jam. Setelah itu cuci seperti biasa. 


4. Memakai pewarna pakaian biru 

Kalau di Jawa, kami suka menyebut pewarna pakaian ini dengan nama “BLAWU”. Jenis pewarna ini bisa didapatkan dengan mudah di toko kelontong atau toko alat jahit. Meski bisa menghilangkan noda pada baju putih, sebaiknya gunakan pewarna pakaian biru ini secukupnya saja. 


Menggunakan sabun cuci baju yang tepat juga menjadi kunci biar baju putih kita enggak cepat pudar. Carilah detergen yang terbukti ampuh menghilangkan noda membandel pada baju putih. Tapi, jangan lupa juga untuk mencari sabun cuci baju yang ramah anak dan nggak bikin baju jadi kasar ya Moms


Selamat merawat baju kesayangan! 


smart mom happy mom


Posting Komentar

0 Komentar