Mudik Bawa Batita? Jangan Lupa 6 Bawaan Wajib Berikut Ini!

Pergi-pergi sama balita (baca: bayi) itu rempong. Pasti!! Percayalah hahahaha.
Mau perginya cuman bentaran doang, mau perginya berjam-jam, atau bahkan berhari-hari, mamak-mamak pasti bawaanya setumpuk. Palagi kalo anak masih kecil, sekitaran 6-12 bulan gituh. Duh, yang namanya mobil pasti penuh pisan sama tentengan ini itu.

 

Tips bepergian bareng anak



Hal ini saya alamin banget deh waktu bawa anak-anak bepergian, terutama pas mudik atau liburan. Kalau pergi cuma ngemol doang mah, cingcai lah. Setas gede juga beres. Lha kalo perginya seminggueun gitu, apa kabar?

Nah, biar hari H semuanya lancar, kita harus nyiapin segala sesuatunya jauh-jauh hari ya Moms. Saya sih biasanya seminggu sebelumnya udah bikin list apa aja yang harus dibawa, kalau perlu ditulis yang gede dan ditempel di tempat yang gampang dilihat. Sambil jalan, biasanya saya akan ngecek lagi apa-apa yang sudah dan belum disiapin. Udah gitu, 2 atau 3 hari sebelum hari H, saya mulai deh nyicil packing-packing.

Selain jumlah barang yang harus dibawa, urusan packing ini nggak kalah seru loh. Tahu dong, si kecil harus bawa diapers, stok baju bersih, alas kaki, hingga peralatan makan minum dan mainan yang seabreg. Semua nggak boleh lupa, demi menjaga supaya bos kecil enggak rewel dan jadi anak manis selama perjalanan.

Kalau saya biasanya lebih suka trik menggulung dan mengikat baju, ketimbang menatanya begitu saja di dalam koper. 

Kenapa? Karena trik gulung dan ikat jauh lebih efektif dan hemat tempat saat kita harus bepergian untuk waktu yang lumayan lama.

Trik kedua, saya suka tuh ngelompokin barang-barang sesuai kategori. Misalnya baju rumah, baju pergi, underwear, hingga selimut dan jaket ditata sesuai kelompoknya. Selain biar isi koper tetep rapi, juga bikin kita gampang nyari barang, terutama saat harus buru-buru. Pernah nggak sih, pas mau ambil satu baju, eh malah ngobrak-abrik sekoper-koper gitu? Huhuhu.. bete banget pastinya.

Nah, ngomong-ngomong bentar lagi kan lebaran nih. Daripada bingung gimana mudiknya besok, mendingan kita cari tahu yuk apa aja sih barang yang wajib dibawa saat pulkam. Penasaran? Cuss ya scroll down!

Baju bersih


Anak di bawah 1 tahun riskan banget kan bajunya kotor. Minimal keringetan deh, kalau pun enggak kena kotoran yang gimanaaa gitu. Kebetulan anak saya sih dua-duanya gampang banget keringetan. Meski dalam mobil ber-AC tetep aja harus ganti 2-3 kali sehari. Kasian soalnya kalau bajunya basah kan bisa masuk angin.

Nah, biar nggak kekurangan atau kelebihan stok baju, sebaiknya hitung atau perkirakan kebutuhan baju dengan lamanya perjalanan ya. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan anak gumoh, main kotor-kotor, terkena pup atau pee, dan lain-lain.

Oya, cari tahu juga pas di tempat tujuan apakah memungkinan kita mencuci bajunya apa enggak. Kalau ada, kan mayan tuh bisa ngurangin jumlah baju yang harus dipacking.

Sebaiknya masukkan piyama, baju untuk jalan/main, handuk, hand wash lap, celemek, apron, kain jarik (untuk menggendong jika dibutuhkan), gendongan modern, topi, kaos kaki, celana panjang, hingga sepatu atau sendal si kecil. Pastikan enggak ada yang terlewat ya.


Diapers

Saya ini anggota geng mamak-mamak penggila pospak alias diapers sekali pakai. Bukan apa-apa sih, mumet aja kalau harus cuci-cuci popok kotor gitu di tempat liburan. Atau nggak, musti nyimpen popok basah di bagasi mobil huaaa… nggak deh.

Buuuut, kalau Mommies nggak keberatan dengan semua itu sih monggo aja. Make it simple ya.
Penghangat badan (selimut, jaket).

Nah, yang satu ini juga penting biar anak enggak kedinginan selama perjalanan. Siapin selimut dan jaket juga di dalam mobil (kalau bawa kendaraan sendiri), atau masukkan dalam baby bag, kalau Mommies memakai kendaraan umum. Jadi, sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal hap, diambil deh.


Perlengkapan mandi 

Kalau tadi kita udah nyiapin handuk, sekarang siapin juga peralatan mandinya ya. Mulai dari sabun, shampo, sikat gigi hingga odol khusus anak. Oya, sekarang udah ada banyak produk 2in1 yang bisa dipakai mandi sekaligus keramas. Hm, jadi makin enak ya. Ngurangin bawaan nih.

Oya, bawa juga minyak telon, cotton bud, minyak rambut, gunting kecil dan gunting kuku ya. Kali-kali aja si kecil membutuhkannya selama dalam perjalanan.


Mainan


Batita itu makhluk yang paling cepet bosen. Karena itu, jangan lupa bawain mainan kesayangannya biar enggak bete. Kebayang kan berada di dalam mobil atau kendaraan lain berjam-jam, kita aja orang gede bisa bete. Apalagi dia hehehe.

Selain mainan andalan, ajak anak melakukan permainan sederhana, bernyanyi atau mendongeng. Hal ini bisa mengalihkan perhatiannya dari kejenuhan perjalanan.


Makanan 

Bawa anak so pasti harus bawa makanan. Mulai stok cemilan (biskuit bayi, kripik, atau bubur instan). Hmm… sebenernya saya agak kurang rekomended sih ngasih makanan instan ke bayi. Tapi, kalau emang kondisinya enggak memungkinkan kita untuk masakin makanan home made ya gimana lagi ya.. daripada anak enggak makan, kan bahaya?

Untuk Mommies yang anaknya masih ASIX sih enggak terlalu mikir ya. Bayi laper tinggal lep, fresh from the pabrik. Lha kalau udah mulai masuk MPASI, kan repot Marimar!

Untungnya sekarang udah banyak yang jual instant baby food yang (katanya) lebih sehat ketimbang makanan pabrikan gitu. Untuk tahu merknya, Mommies googling aja ya. Honestly saya belum pernah coba yang ini. Dulu jamannya si Kakak masih bebi belum jaman soalnya. Jadi dulu saya ngandelin makanan instan yang model bubur-bubur trus tinggal tuangin air panas gitu.

Cuman, kalau di tempat tujuan nanti ada kompor (rumah nenek, mungkin), saya sih tetep saranin Mommies masakin sendiri makanan buat si kecil ya. Selain hemat juga lebih sehat tentunya.

Baca juga yuk : Makanan Ini Yeay or Nay untuk Anak?

Susu



Buat batita yang masih ASI, kita nggak terlalu repot kudu bawa ini itu ya. Tapi, buat mereka yang ngandelin susu formula, kayaknya musti nyiapin stok susu yang cukup, termos air hangat, dot, hingga alat sterilisasinya.

Mampir sini ya : Menyapih dengan Cinta? Bisa Nggak Sih?

Obat-obatan

Perjalanan jauh terkadang bikin anak lelah dan kemudian sakit. Karena itu, jangan lupa untuk sedia obat-obatan yang biasa dikonsumsi. Obat wajib untuk batita sih biasanya saya bawa termometer, obat turun panas, minyak angin, dan vitamin. Kalau masih ragu, Mommies bisa dateng dulu ke DSA untuk memastikan kondisi si kecil sebelum pergi.

Nah, selain barang-barang di atas kita juga bisa bawa perlengkapan lain yang kira-kira dibutuhkan. Misalnya keresek untuk membuang sampah dan diapers, tissue basah, tissue kering, karet pengikat dan lain sebagainya. Udah gitu, jangan lupa ya berdoa sebelum berangkat!

Oke, have fun dan selamat menyiapkan diri untuk mudik dan liburan, Moms!






Mudik Bawa Batita? Jangan Lupa 6 Bawaan Wajib Berikut Ini! Mudik Bawa Batita? Jangan Lupa 6 Bawaan Wajib Berikut Ini! Reviewed by Bety Kristianto on May 10, 2019 Rating: 5

2 comments:

  1. walopun aku rutin traveling ya mba, tp jujur aja, packing itu bukan kesukaanku :D. biasanya itu hubby. dia telaten kalo soal packing. nah kalo baju anak2, itu aku serahin sama babysitternya yg luar biasa jago handle bawaan anak2 hahahahha. komplit lah kalo udh masalah barang anak. walopun, dia agak sedikit berlebihan bawanya hahahahah. tp gpp, yg ptg apapun yg dibutuhin anak2, udh ada pasti di koper ;D palingan kemudian di cek ulang suami utk mastiin ga terlalu banyak :D

    ReplyDelete
  2. Wooo enaknya yang punya asisten wkwkwkw. Kalau aku mah sagala olangan alias sendirian Mbaaa

    ReplyDelete

Halo, saya Bety. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar. 😊

Powered by Blogger.