Aneka Mainan Edukasi untuk Anak Dari Barang Bekas

mainan edukasi anak

Hai hai... waaah akhirnya saya update lagi di blog ini nih Moms hahaha.... Demi apaaa coba udah ganti tahun aja ya ternyata. Maafkan dakuh, lama nggak berkabar di sini ya. Kali ini, saya mau sharing tentang cara bikin aneka mainan edukatif buat si kecil. Tahu lahya, mainan anak itu mahils terkadang. So, kalau tiap-tiap kudu beli kan mayan tuh duitnya. Karena itu, yuks kita coba bikin senditi. Nggak perlu beli mainan mahal, kan jadinya? 

Caranya? Kita bikin mainan edukasi anak dari barang bekas yang ada di rumah aja! Tak hanya edukatif, mainan anak dari barang bekas juga mudah untuk dibuat. Selain itu, kita juga bisa melibatkan anak dalam proses pembuatannya. Hal ini tentunya bagus banget untuk melatih sisi kreatifnya. 

Ada yang ngaku nggak punya barang bekas? Huhuhu... hidupmu indah banget Moms! Di rumah saya numpuk tuh kardus bekas, botol bekas, koran, majalah, de-el-el. Pokoknya segala yang udah enggak dipakai lagi bisa banget dimanfaatin untuk dijadikan mainan berharga. Berikut beberapa ide yang bisa dijadikan inspirasi. 


Aneka Mainan Edukasi dari Barang Bekas

Daripada terbuang percuma, barang bekas sebaiknya memang didaur ulang. Salah satunya ya dengan dijadikan mainan edukasi. Ini sekaligus mengajari anak untuk mencintai lingkungan loh. Karena itu, segera simak ulasannya berikut. 

Rumah-rumahan dari Roll Tisu

Rol tisu toilet merupakan salah satu barang bekas yang sering digunakan untuk membuat mainan edukasi dari barang bekas. Jadi, mulai sekarang Mommies bisa mempertimbangkan untuk tidak membuang begitu saja rol tisu tersebut. Bingung cara bikinnya? Cuss langsung buka Youtube. Ada banyak banget tutorial dan ide bebikinan rumah-rumahan dari rol tisu ini. 

Kupu-Kupu dari Roll Tisu

Selain dapat dikreasikan menjadi rumah-rumahan. Rol tisu juga bisa dijadikan mainan anak berbentuk kupu-kupu. Hasilnya akan sangat cantik dan bisa juga dijadikan hiasan dinding atau meja. 

Kura-Kura dari Piring Kertas

Buat Mommies yang kebetulan abis ngerayain ulang tahun si kecil, jangan buang piring kertas yang abis digunakan untuk tempat kue ya. Karena piring kertas tersebut bisa  digunakan untuk membuat mainan yang murah namun tetap menyenangkan.

Cobain deh, ubah piring kertas jadi kura-kura. Cara membuatnya super mudah. Mommies hanya perlu nyiapin cat warna yang berwarna hijau untuk melapisi permukaan piring kertas tersebut. Lalu tambahkan kaki yang terbuat dari kertas berwarna senada. 

Mommies juga bisa menambahkan berbagai detail seperti tempurung kura-kura dengan menggunakan spidol ataupun cat warna lain. Jangan lupa, tambahin detail seperti mata dan kulit pada bagian kepala serta kakinya ya.

mainan anak edukatif

Mainan Bentuk Hewan dari Botol Plastik

Botol bekas bisa dijadikan mainan kreatif anak. Mommies pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Tak perlu biaya mahal karena kita bisa menggunakan botol bekas pewangi pakaian atau botol bekas apapun yang ada di rumah. 

Meski terlihat begitu sulit, proses pembuatan mainan bentuk hewan ini sebetulnya cukup mudah. Mommies bahkan nggak harus memotong botol bekas tersebut terlebih dahulu.

Jadi yang harus kita lakukan hanya menambahkan kaki dengan mata boneka, mur dan baut, serta ekor dari tali. Agar lebih menarik lagi, tambahkan rambut atau telinga  menggunakan kertas karton warna-warni.

Roket Mainan dari Botol Plastik

Berikutnya, Mommies juga dapat membuat roket dari botol plastik dan kertas karton. Agar lebih mudah, gunakan botol bekas air mineral dengan tutup yang sama seperti roket.

Lalu, cat semua permukaan botol dengan warna putih. Mommies juga dapat membuat sayapnya dari karton yang sudah dilapisi dengan kertas berwarna perak. 

Kemudian, siapkan juga empat tutup botol bekas yang sudah berbentuk bulat. Lalu tempelkan pada bagian bawah botol untuk bisa melengkapi roket mainan tersebut.

Pesawat Terbang dari Botol Bekas

Kreasi mainan yang berasal dari barang bekas ini nggak perlu banyak modal. Bahkan, Mommies nggak butuh modal sama sekali loh untuk membuat mainan yang berbentuk pesawat terbang ini.

Mainan ini dibuat hanya dengan menggunakan kardus, botol bekas minuman bersoda, dan kaleng. Sedangkan, alat yang diperlukan adalah lem dan gunting saja. 

Jangan biarkan badan pesawat dari botol tersebut terlihat monoton, ya. Coba ganti warnanya dengan warna kesukaan si kecil. Atau, Mommies juga bisa menambahkan hiasan lain agar semakin terlihat menarik.

Kalau kebetulan ada banyak barang bekas di rumah, kayaknya ini bakalan jadi waktu bagi yang tepat melakuan daur ulang ya. Biar nggak numpuk doang, tapi dimanfaatkan jadi mainan edukasi anak. 

Gimana, dari 6 contoh mainan anak yang udah ditulis di atas, ada nggak yang bikin kepincut? Jangan bilang susah bikinnya ya hehe. Kalau emang kesulitan bikin sendiri, boleh banget loh libatin Daddies biar makin seru. 


Selamat mencoba!


smart mom happy mom

Posting Komentar

0 Komentar