Tips Nyetir Sendirian Buat Mommies



Jaman now, kerjaan para Mommies tu nggak cuman seputaran dapur dan kasur. Kayak saya misalnya nih. Abis kelar urusan dapur dan printilan bekel sekolah, langsung cuss mandi dan dalam sekejap berubah jadi driver.




Kehidupan mileniyal emang udah jauh beda ama jaman kita kecil dulu (((kita))) ya Moms. Perasaan dulu saya pergi-pulang sekolah jalan kaki barengan tetangga sebelah. Nggak ada ceritanya anak sekolah pake acara dianterin, pake mobil pulak hahaha. Itu hanya ada di sinetron, Marimar!

Tapi dunia ini emang terus berputar. Kalau dulu kita mah sekolahnya deket-deket aja, palingan jalan kaki mabelas menit juga udah nyampe sekolah. Lah kalok sekarang, palagi di kota besar ya, nggak bisa lagi deh anak sekolah jalan kaki dari rumah. Yang ada gempor deh. Eh, kecuali yang emang masuk zonasi ding. Kalau yang sekolahnya di swasta kayak anak-anak saya ya… mau nggak mau harus dianterin. Kalau suruh jalan, bisa-bisa sampe sekolah pengsan deh.

Buat mak emak yang nggak punya gawean macam saya ini, daripada anak keteteran, banyak yang akhirnya milih nganter jemput anak pake kendaraan pribadi. Soalnya kalau naek ojol, mayan juga kan biayanya. Itung-itung kita juga bisa mejeng dah, keluar rumah. Bosen juga kalik 24 jam dikerangkeng di dalam rumah.

Nyetir sendiri emang jauh lebih ngirit ketimbang ngejemput anak pake ojol atau ojek langganan. Udah gitu, juga lebih aman karena anak selalu dalam pengawasan. Tapi…. kalau mak emak nyetir sendirian tuh kan risikonya juga gede loh. Udah banyak kasus di mana driver perempuan ini jadi korban kriminalitas dari oknum yang enggak bertanggung jawab.

Tetangga saya sendiri udah pernah jadi korban tuh. Jadi ceritanya waktu itu sepulang kerja, dia mampir ke toko buah pinggir jalan. Entah karena lupa atau memang nggak ngira bakalan ada orang jahat, dia tuh engak ngunci mobilnya. Dengan enteng dia buka pintu, trus langsung ngedeketin tukang buah. Keasyikan milih-milih buah, nggak taunya ada orang jahat yang ngebuka pintu mobil dari sebelah kanan, dan mengambil barang-barang berharga di dalamnya. Termasuk handphone, dompet dan beberapa barang kecil lain. Duhhh, kesel banget kan??

Nah, biar Mommies nggak waswas dan jadi korban kejahatan di jalan raya, sebaiknya selalu waspada. Orang jahat mah di mana-mana ada, makanya kita yang harus bisa menjaga diri sebaik mungkin.




Lalu apa aja ya yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri pas nyetir sendirian? Kuy, simak beberapa tips berikut ini!

Ketahui Hal Dasar tentang Mobil

Sebelum mulai nyetir, hal pertama yang harus kita lakuin yaitu ngenalin mobil ya Moms. Jangan taunya cuman nyetir doang. Ntar ada ban kempes kagak tau. Kan bahaya itu. So, sebaiknya sih kita juga perlu memeriksa kondisi ban. Pastikan semuanya dalam keadaan terisi penuh. Kedua, periksa juga tanki BBM. Pastikan mobil nggak akan mogok di tengah jalan gara-gara keabisan BBM. Duh itu mah parah. Kalau emang stoknya mepet, segera cari SPBU terdekat ya.

Jangan Lupa Servis Berkala

Mobil juga butuh nyalon loh Moms. Bukan cuma kita doang yang demen dipoles-poles. Mobil yang dipake tiap hari, sebaiknya juga diservis secara berkala biar kondisinya tetep prima. Jangan biasakan pergi ke bengkel pas rusak aja ya. Kalau males ke bengkel, mendingan kasih bagian ini sama paksu, biar dia yang urus hehehe. #guwebangetss

Cari Tempat Parkir yang Aman

Nah, urusan yang satu ini nggak boleh dianggap sepele loh Moms. Sebaiknya carilah tempar parkir yang aman dan nggak terlalu sepi, apalagi gelap. Sebisa mungkin, parkirlah di area parkir resmi yang ada petugas parkirnya. Atau kalau emang terpaksanya harus parkir di pinggir jalan, carilah tempat yang banyak orang.

Pastikan Kunci Selalu Ada di Tangan

Hari gini udah banyak mobil yang dilengkapi keyless system. Hal ini kadang-kadang bikin driver pelupa kayak saya gini suka nggak ngeh kunci ditaroh mana tadi. Sekedar tips, supaya nggak lupa mendingan simpan kunci dalam tas bagian dalam supaya nggak terjatuh. Selain itu, usahakan untuk nggak membuka locking system dari jarak yang terlalu jauh. Hal ini bisa memberi waktu buat orang jahat memasuki mobil ketika kita belum sampai di mobil. Sebaiknya, buka kunci mobil lalu segeralah masuk dan kunci kembali semua pintu tepat setelah kita duduk. Untuk jaga-jaga, boleh juga sih membawa spray cabe atau merica. In caseee… yaa… namanya juga waspada.

Nah, ngomong-ngomong soal waspada ini kita jangan sampai lengah ya. Karena perempuan itu selalu jadi target empuk kejahatan, makanya kita musti waspada. Perhatikan mobil di sekitar kita pas parkir atau di jalan, apakah kira-kira ada orang atau hal-hal yang mencurigakan? Kalau ya, sebaiknya segera hubungi orang terdekat atau polisi. Kedengarannya emang lebai sih, tapi ini penting untuk melindungi diri. Jangan pernah mengabaikan intuisi ya Moms. Kalau tetiba hati kita ngerasa nggak enak, mendingan segera menelepon bala bantuan.

Abaikan Orang Asing

Saya kalau pas nyetir suka jadi sadis. Hahaha.. sadis dalam artian nggak akan banyak berinteraksi sama orang di luar gitu. Apalagi yang saya nggak kenal atau nggak berhubungan sama kegiatan nyetir. Kalau ama tukang parkir atau pak ogah gitu sih masih mending. Tapi kalau udah orang yang sama sekali nggak saya kenal trus tiba-tiba nyamperin atau nanya-nanya nggak penting gitu sih sudah pasti bakalan saya abaikan. Termasuk pedagang asongan yang kadang suka nggak pake hati nawarin dagangannya. Jangan harap saya bukain kaca jendela deh!





Pasang GPS

Biar makin aman, memasang GPS di mobil kayaknya bukan hal yang lebai sih.Palagi jaman now gini GPS ini bakalan ngebantu banget kalau kita harus nyari-nyari arah, jadi nggak usah turun trus tanya-tanya sama orang pinggir jalan deh. Kan males ya turun-naik, buka-tutup pintu mobil.


Tempatkan Barang-Barang Penting Dalam Satu Tas

Penting nih,Moms. Biar pas nani turun enggak rempong ama barang-barang bawaan, sebaiknya sebelum pergi tuh semua barang yang bakalan diperluin, kita simpen dalam satu tas aja. Jadi nanti pas mau turun tinggal greng! Nggak ada yang ketinggalan deh. Oya, hal ini termasuk ponsel ya. Sebaiknya sih sebelum pergi, kita kasih tau dulu orang terdekat (suami atau orangtua) perihal kepergian kita. Jadi kalau ada apa-apa (amit-amiiiit….) mereka bisa melacak keberadaan kita.

Mengemudi dengan Hati-hati Tapi Jangan Lebai

Berhati-hati waktu nyetir itu emang kudu, tapi nggak juga harus lebai ya.. Misalnya saking pengen hati-hatinya, kita nyetir di jalan raya pake kecepatan 10km/jam. Duuuh, itumah sama orang nyepeda juga bisa disalip deh.

Selain itu, saat nyetir saya juga anti pake hengpong. Jadi kalau pas kebetulan ada yang ngubungin dan enggak saya respon, berbaik sangkalah. Mungkin saya lagi nyetir wkwkwk….

Oya, jangan lupa juga untuk make lampu sein dengan benar ya. Pastikan Mommies udah nyalain minimal 10-15 detik sebelum berbelok arah. Biar pengendara di belakang dan depan kita nggak nabrak, gitu. Males banget kan kalok diteriakin orang "Woi, dasar cewek, lu!" gitu gara-gara kitanya nyetir tanpa etika. Hiks.

Untuk kondisi macet, sebaiknya kita juga berhati-hati. Pastikan kaki kita nggak menginjak gas terlalu dalam, tapi juga jangan stag di situ aja. Perhatikan jarak aman dengan mobil depan dan belakang ya. Hal ini berlaku juga pas kita harus bergerak perlahan di tanjakan, atau terkadang harus berhenti. Pastikan hand rem berfungsi dengan baik, ya.



Jangan Memakai Aksesoris yang Berlebihan

Perempuan emang nggak bisa lepas dari yang namanya aksesoris alias perhiasan. Tapi, kalau saya pribadi sih kebetulan nggak terlalu suka make perhiasan emas gitu. Yang penting pake kalung sederhana, kadang ditambahin anting kecil plus jam tangan. Itu udah mewah banget dah.


Nah buat Mommies yang hobi pake perhiasan, sebaiknya sih simpen aja ya di rumah trus pake sewajarnya aja. Soalnya nih, perhiasan yang terlalu kinclong atau berendengan di mana-mana tuh bisa menarik perhatian orang, termasuk orang jahat. Jangan mengundang bahaya buat diri sendiri deh intinya.


Selalu Siapkan Air Putih di Mobil

Nyetir dalam mobil ber-AC kadang suka bikin kita jadi males minum. Hal ini bahaya loh, soalnya bisa bikin kita dehidrasi atau lemes dan kepala pening. Palagi di musim puanass kayak sekarang ini.

Tinggalkan High Heels!

High heels emang keren, tapi sebaiknya Mommies lupain sejenak deh soal yang satu ini kalau pas nyetir. Selain nggak akan nyaman, high heels ini juga berbahaya karena bisa memicu kelelahan pada kaki, atau ketidaknyamanan saat menginjak pedal rem ataupun gas.

Nah segitu dulu eh tips saya kali ini, semoga membantu ya Moms!
Keep healthy and happy!


Salam,





Tips Nyetir Sendirian Buat Mommies Tips Nyetir Sendirian Buat Mommies Reviewed by Bety Kristianto on October 23, 2019 Rating: 5

No comments:

Halo, saya Bety. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar. 😊

Powered by Blogger.