Cara Mudah Ajak Anak Berhitung

 Cara mudah ajak anak berhitung




Mengajari anak mengenal angka dan hitungan seringkali dianggap sulit oleh sebagian orang. Kenapa? Karena anak-anak biasanya lebih suka berkata-kata secara verbal ketimbang menghafal angka. Selain itu, nggak sedikit juga orangtua yang beranggapan bahwa penggunaan angka belum sepenting kata-kata bagi para balita. Karena itulah, banyak anak yang akhirnya terlambat mengenal angka daripada kata.


Faktanya dalam keseharian, kemampuan berhitung sangat diperlukan. Bukan hanya untuk menghitung rumus matematika loh. That’s why kita perlu menumbuhkan minat dan kemampuan berhitung mereka sejak dini. Nggak ada salahnya mengenalkan balita tentang konsep matematika sederhana. Jangan berpikir yang terlalu rumit, Moms. Kita bisa mulai mengajarkan hitungan lewat banyak hal yang ada di sekitar kita.


Yang perlu diingat adalah, jangan memaksa anak untuk menghafal secara saklek. Jangan pula menuntut mereka mengerjakan soal-soal matematika dengan berbagai rumus. Itu malah akan membuat mereka eneg dan males belajar karena merasa matematika itu sulit.



Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar balita tertarik dengan konsep hitungan sederhana? Berikut beberapa hal yang saya catat. Simak bersama ya.



1. Kenalkan angka

 Cara Mudah Ajak Anak Berhitung



Mommies bisa mulai mengajarkan anak tentang lambang angka mulai umur 1 tahunan. Hal ini bisa kita lakukan misalnya dengan menunjukkan lambang angka yang ada di papan reklame, plat nomor kendaraan, lampu lalu lintas dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk berkata dengan lantang saat menyebut angka yang ada ya, Moms. Meski awalnya anak nggak ngerti (karena mereka memang belum paham), otak mereka akan merekamnya dengan baik. So, jangan kaget kalau suatu hari mereka akan menyebutkan sendiri lambang angka tersebut.



2. Menggunakan telepon mainan

 Cara Mudah Ajak Anak Berhitung


Nah, ini bisa kita lakukan di rumah. Alatnya cukup sederhana dan biasanya banyak dijual di toko mainan. Harganya pun terjangkau ya. Mommies bisa menuliskan sederet angka di atas kertas dan ajari anak memencet tombol sesuai angka yang ditulis tadi. Mulailah dengan 1 atau dua angka dahulu, lalu perlahan-lahan tambahkan jumlahnya. Jika anak sudah mulai bisa, biarkan mereka melakukannya sendiri. Telepon mainan yang bersuara akan membuat mereka lebih antusias. Soalnya, selain melatih kemampuan visual, kemampuan mendengar mereka juga distimulasi.



3. Mengelompokkan benda

 Cara Mudah Ajak Anak Berhitung


Berhitung juga menjadi sangat menyenangkan saat kita mengajak anak untuk menyatukan beberapa jenis benda menurut warna dan bentuknya. Setelah itu, ajak mereka mengidentifikasi bentuk dan jumlah masing-masing kelompok benda itu. Sebutkan juga ciri khas dari setiap bentuk benda. Misalnya kerucut, ujungnya lancip, alasnya bundar. Sedangkan balok bentuknya kotak seperti wafer. Pasti seru deh! Apalagi kalau Mommies dan Daddies juga ikut.



4. Menghitung benda

 Cara Mudah Ajak Anak Berhitung
Menghitung benda-benda yang ada di rumah bagi orang dewasa mungkin menjemukan. Tapi nggak demikian halnya bagi anak-anak loh. Mereka pasti suka kalau kita ajak menghitung jumlah benda-benda di dalam rumah. Misalnya ajak anak untuk menghitung jumlah anak tangga saat melewatinya, atau menghitung jumlah mobil-mobilan kesayangannya. Saya selalu mengajak si kecil menghitung saat naik atau turun tangga di rumah, ataupun di tempat lain. Kalau nggak, bisa juga Mommies mengajak mereka menghitung kancing baju, batu kerikil, pensil, dan lain sebagainya.




5. Bermain jual beli

 Cara Mudah Ajak Anak Berhitung

Anak-anak biasanya sangat suka bemain jual beli. So, Mommies bisa berpura-pura menjadi pembeli barang, dan biarkan anak menjadi penjualnya, atau sebaliknya. Kita bisa menyediakan uang mainan dan mengajari anak mengenal nilai uang. Kalaupun nggak, kita bisa juga memakai uang beneran kok.

                                                         



6. Bernyanyi

 Cara Mudah Ajak Anak Berhitung

Siapa sih anak kecil yang nggak suka menyanyi? Aktivitas yang satu ini selalu jadi favorit anak-anak kan? Nah, kita bisa memakai lagu yang melibatkan konsep matematika sederhana di dalamnya. Misalnya lagu Balonku Ada Lima, Satu-satu Aku Sayang Ibu, dan lain-lain.  Atau, kita juga bisa mengarang sebuah lagu lalu mengajarkannya kepada anak.




7. Bermain monopoli dan ular tangga

 Cara Mudah Ajak Anak Berhitung

Permainan ini melibatkan banyak konsep matematika, termasuk penjumlahan, pengurangan, maju, mundur dan lain-lain. Mulai usia empat atau lima tahun, anak sudah bisa dikenalkan dengan permainan jenis ini. Selain asyik, permainan ini juga sangat edukatif.




8. Mengenalkan konsep bilangan di dapur

 Cara Mudah Ajak Anak Berhitung

Sekali-kali, ajaklah anak memasak. Nggak Cuma anak perempuan kok, anak laki-laki juga boleh dikenalkan dengan kegiatan memasak ini. Nah, untuk sementara abaikan jika dapur menjadi kapal pecah ya, Moms. Cobalah meminta anak mengambilkan benda-benda yang diperlukan untuk memasak. Contohnya minta anak mengambilkan 2 biji bawang merah, sebutir telur, dua buah sendok, dan lain-lain. Anak pasti happy dan nggak menyadari kalau mereka sedang menghapalkan angka-angka.



Gimana, mudah kan mengajari anak mengenal konsep angka dan berhitung sejak dini? Selamat mencoba dan semoga tulisan ini bermanfaat ya.



Salam.























Cara Mudah Ajak Anak Berhitung  Cara Mudah Ajak Anak Berhitung Reviewed by Bety Kristianto on March 06, 2019 Rating: 5

14 comments:

  1. Whaa iyayaah ternyata banyao cara mengenalkan angka dan berhitung pada anak. Kadang kita terpaku dalam bentuk tulisan padahal banyak media yg bisa digunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, padahal pake media yang gampang di sekitar kita juga menarik yaa

      Delete
  2. Setujuuu bangettt semua yang Mba Bety tulis. Aku juga udah ngenalin Erysha dengan angka dan berhitung dengan sejak dininya. Tentu saja dengan cara bermain dan mengalir gitu aja. Allhamdulillah, erysha di usianya 3 tahun sekarang udah bisa menghitung 1 - 20, mengenal bentuk, konsep banyak sedkit, konsep tinggi pendek, menghitung 1 - 10 sesuai bendanya, sudah mengenal bentuk angka 1 - 5, dan lain-lain

    ReplyDelete
  3. Mengenalkan angka dengan memakai benda-benda di sekitar kita itu joz banget. Kita yang harus kreatif nih. Engga perlu ribet pakai mainan mahal. Makasih sharingnya Mommy Bety...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tipsnys mbak. Menarik sekali, mengajarkan anak berhitung sejak dini.

    ReplyDelete
  5. Sebenarnya banyak cara agar anak bisa bermain sambil bejalar mengenal angka. Meski kadang bisa buat rumah kayak kapal pecah, yang penting tujuan kita untuk menstimulasi anak bisa tercapai. Pokoknya mesti sabar ya, kan ... hehehe

    ReplyDelete
  6. Cara-cara ini persis dengan w yang saya lakukan di rumah. Cuma main monopoli aja yang belum. Hehe thanku ya mbakmbak .

    Memang kita sebaiknya memulai dengan hal yang sederhana

    ReplyDelete
  7. Setuju banget justru dari sekeliling banyak media buat belajar, dengan begitu bunda bisa lebih kreatif dan juga sang anak lebih aware dengan lingkungannya:)

    ReplyDelete
  8. Belajar angka untuk anak memang lumayan menantang, apalagi sama anak2 yg kurang tertarik dengan konsep matematika. Ini challenge-ku banget sama Najwa. Untuk Najib pun aku perlu trik khusus untuk menanganinya.

    ReplyDelete
  9. Mengajar berhitung sejak dini dengan cara yang bikin hepiii ini ya Mommy Bety.
    Lengkap sekali caranya. Dan menyenangkan semua. Yakin anak bakal suka belajar berhitung jadinya.

    Sukaaa...

    ReplyDelete
  10. Wah, saya baru tahu nih kalau simbok cantik punya blog satu lagi khusus parenting. Keren :)

    Iyes, saya juga udah mulai ngajak anak mengenal angka sejak dia 1 tahun-an. Enjoy aja, pelan-pelan. Sekarang dia udah menghitunv jumlah benda dengan tepat. Iyes juga, saya juga pakai benda-benda di dapur sebagai sarana belajar. Sip.

    ReplyDelete
  11. Benar Mbak Betty.
    Belajar mengenal angka sambil bermain, membuat anak makin menyukai angka dan hitungan.
    Berasa tertantang menaklukan hitungan dan angka saja si kecil, tanoa dia sadari

    ReplyDelete
  12. Wow, banyak cara yang enggak pernah terpikirkan. Dulu waktu anak kecil bingung juga mengenalkan angka, akibat emaknya kurang kreatif. Terima kasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  13. Makasih mommy Bety bertambah lagi nih ilmunya.

    ReplyDelete

Halo, saya Bety. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar. 😊

Powered by Blogger.