Post Page Advertisement [Top]

Moms…
Pa kabar semua? Masih setia dong sama urusan dapur keluarga? Yes, sebagai ibu yang baik, terutama saat harus #dirumahaja selama amas pandemi korona ini, mau nggak mau kita jadi lebih banyak bergulat sama panci dan kompor ya. Selain lebih bersih dan sehat, tentunya juga lebih irit. Lagian kan abang-abang jualan pada banyak yang libur. Yekan?

Meski kemampuan memasak saya cuma segitu-gitunya, saya mah orangnya pantang menyerah hahaha. Kalau pas datang mood-nya, ya pasti bakalan ngoprek dapur demi memuaskan perut penggemar.
Salah satunya adalah pas kemarin nyempetin bikin sate ayam sendiri. What? Nggak ribet? Nggak sih, sepanjang ada niyat. 😆😆

resep sate ayam rumahan

Nah, daripada bosen makan ayam digoreng atau dibikin opor muluk, akhirnya kepikiran deh buat bikin sate ini. Sekalian kan kemarin udah bikin saus kacangnya mayan banyak. Jadi bisa kepake buat bikin 3 menu sekaligus. Sate ayam, gado-gado, dan bakso tahu kesukaannya si kakak.

Nah, sekarang kita langsung aja bikin sate ayamnya ya. Pertama-tama, pilih daging ayam yang paling empuk, supaya pas dibakar nggak butuh waktu terlalu lama. Pilihan saya adalah bagian dada. Jadi sengaja deh pesen ke mbak tukang sayur buat bawain satu kilo dada ayam di-fillet alias boneless. Bagian dada ini juga lemaknya (katanya) paling kecil dibandingin sama bagian lainnya. Oya, kulitnya juga saya nggak pake ya karena emang dari dulu enggak doyan makan daging selain daging. Halahh. Gimana sih? Wkwkw… maksudnya, saya tuh enggak bisa makan kulit, jeroan dan bagian hewan lain kecuali dagingnya. Gitu…

Image source pixabay

Kelebihan Dada Ayam dibandingkan Bagian Lainnya

1. Sebagai anti depresan alami
Antioksidan yang ada di dalam dada ayam mengandung asam amino (triptofan) yang dipercaya membuat otot tubuh lebih rileks. Selain itu, kandungan serotoninnya juga dapat memperbaiki mood yang lagi buruk, apalagi mood yang jelek karena lapar hahaha. *kidding*

2. Mencegah kanker
Penelitian membuktikan bahwa dada ayam bisa mengurangi risiko kanker, salah satunya kanker usus.

3. Menurunkan tekanan darah
Konsumsi dada ayam dengan cara merebus, mengukus atau memanggangnya, bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Mineral dan vitamin B dalam dada ayam dipercaya dapat mencegah beberapa penyakit termasuk tekanan darah tinggi, memperlancar pencernaan, dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Membentuk otot
Buat kalian yang mau membentuk otot, sebaiknya mengonsumsi dada ayam ketimbang bagian lain yang lebih berlemak ya. Protein dalam dada ayam sangat bermanfaat buat kalian yang lagi working out. FYI, dalam 100 gr dada ayam, terkandung 18 gr protein loh.

Nah, banyak kan manfaat makan dada ayam? So, let’s go ke persiapan bahan dan bumbunya ya.


resep sate ayam rumahan


Resep Sate Ayam Rumahan yang Enak dan Lezat

Bahan :
1 kg dada ayam fillet

Bumbu rendam:
4 siung bawang putih yang besar
2 butir kemiri
Garam secukupnya
Saus tiram secukupnya

Bumbu bakar:
Ambil saus kacang yang sudah dibuat sebelumnya
Minyak goreng secukupnya
Kecap manis

Cara pembuatan:
Cuci bersih daging ayam, potong dadu sesuai selera. Rendam dalam bumbu rendam sekitar 15 menit
Tusuk daging dengan lidi
Rendam lagi sebentar dengan bumbu bakar
Bakar di atas bara api sampai setengah matang
Lumuri dengan bumbu bakar lagi, bakar lagi sampai matang
Setelah matang, sajikan di atas piring, guyur dengan saus kacang dan kecap manis. Taburi dengan bawang goreng, dan sajikan dengan nasi hangat atau lontong.

Gimana, gampang kan Moms? Oya, resep dan bahan segini kemarin saya jadi 30 tusuk, dengan potongan daging ayam yang cukup besar ya. Bisa sekitar 2 kali lipat ukuran sate yang dijual abang kelilingan itu. Jadi diasumsikan aja porsi ini jadi 60 tusuk di tukang jualan.

Total biaya yang dikeluarin sekitar 50 ribuan ya. Itung aja, kalau seporsi sate ukuran kecil di abang jualan itu harganya sekitar 15 ribu, isinya 10 tusuk. Jadi untuk 6 porsi sate itu kita harus ngeluarin duit 90 ribuan. Mayaaan banget kan selisihnya? *maksa*

Wokei, segitu dulu ya. Selamat mencoba dan semoga resepnya cocok di lidah kalian!

Salam,


No comments:

Post a Comment

Hi there!

Thank you for stopping by and read my stories.
Please share your thoughts and let's stay connected!

Bottom Ad [Post Page]